Sering Sulit Tidur Tanpa Selimut? Simak di Sini Alasannya

Annissa Wulan22 Agu 2019, 10:30 WIB
tidur

Fimela.com, Jakarta Ada beberapa orang yang kesulitan untuk tidur, tanpa memakai selimut, apa kamu salah satunya? Ya, sepanas apapun udaranya, walaupun tubuh sudah berkeringat, dan terasa tidak nyaman, mereka tetap tidak bisa tidur tanpa memakai selimut.

Menurut Ellen Wermter, seorang praktisi dan juru bicara untuk Better Sleep Council di Charlottesville, Virginia, ritme sirkadian terkait dengan suhu dan penurunan suhu inti tubuh yang terjadi tepat sebelum kamu tidur. Suhu tubuhmu akan terus menerus turun sepanjang malam dan ini merupakan cara tubuh menghemat energi untuk dialihkan ke sistem lain, seperti pencernaan.

Seprai dan selimut menjaga suhu tubuh agar tidak turun terlalu rendah dan membangunkanmu, memberikanmu kesempatan untuk menyelesaikan proses pemulihan tanpa gangguan. Namun, pemakaian selimut untuk tidur di saat cuaca terlalu hangat justru tidak disarankan, seperti dilansir dari huffpost.com, Senin (19/8/2019).

 

 

Tidur menggunakan selimut saat cuaca panas tidak disarankana

[Fimela] Kurang Tidur
Ilustrasi kurang tidur | unsplash.com

Penurunan suhu tubuh alami tepat sebelum tidur adalah isyarat untuk waktu tidur, sedangkan suhu yang terlalu hangat akan menipu otak untuk berpikir sudah waktunya mengaktifkan tubuh kembali, bukannya beristirahat. Bahkan jika kamu berhasil tidur, kualitasnya tidak akan baik, karena kamu akan terbangun terus menerus.

Sama halnya dengan isyarat untuk tidur, menggunakan selimut sudah merupakan ritual bagimu, sehingga ketika tidak ada selimut, kamu akan merasa kehilangan sesuatu dan sulit untuk rileks. Selama REM atau gerakan mata yang cepat, periode tidur, kadar serotonin tubuh akan menurun.

Serotonin adalah neurotransmitter yang terkenal mendorong perasaan tenang dan penggunaan selimut dikaitkan dengan kadar serotonin yang tinggi, yang berarti dapat membuat kualitas tidur lebih baik. Berikut ini adalah beberapa alternatif lain yang bisa kamu lakukan untuk membiasakan tidur tanpa selimut.

Tips membiasakan tidur tanpa selimut

Ilustrasi tidur
Ilustrasi tidur. Sumber foto: unsplash.com/Zohre Nemati.

1. Mandi air panas sebelum tidur

Memanaskan tubuh dengan cepat dapat memicu proses termoregulasi alami. Dengan kata lain, air di kulit menguap setelah mandi, mendinginkan inti tubuh dengan cepat dan memberitahu otak untuk tidur.

2. Lakukan secara bertahap

Jika menghilangkan selimut terlalu berat, lakukan dengan perlahan, seperti meringankan selimut selama beberapa malam. Cara ini akan memberi waktu bagi otak untuk menyesuaikan diri dengan berat selimut yang lebih tipis dan membuat kulitmu lebih mudah bernapas.

3. Tidur dengan pakaian yang nyaman

Terkadang, piyama dapat memerangkap panas dan sulit dihilangkan di tengah malam, tanpa mengganggu tidur. Jika kamu merasa nyaman, tidurlah dengan pakaian dalam saja atau pakaian apa saja yang membuatmu merasa nyaman.

4. Menjaga kaki tetap dingin

Beberapa penelitian menemukan bahwa menjaga suhu kaki tetap dingin dapat membantu menurunkan suhu tubuh secara keseluruhan. Cobalah untuk menjejalkan kaki ke dalam air dingin sebelum tidur.

5. Memberi ruang pada diri sendiri

Tidur dengan orang lain atau pasangan dapat meningkatkan indeks panas. Jika kamu memiliki kasur yang cukup besar, berikan ruang yang cukup untuk mengatur suhu tubuh secara lebih baik sebelum tidur.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓