4 Cara Memasak Makanan Agar Tak Kehilangan Nutrisi

Febi Anindya Kirana19 Agu 2019, 11:45 WIB
makanan

ringkasan

  • Hindari cara menggoreng dan membakar
  • Merebus atau mengukus sebentar saja
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Berbagai cara mengolah makanan bisa dilakukan jika ingin memasak makanan yang enak. Namun hanya beberapa cara saja yang bisa memastikan nutrisi dalam makanan tidak hilang. Jika ingin makan sehat dan bahan makanan tidak kehilangan nutrisi, ini sekian tips yang bisa diterapkan.

1. Hindari cara menggoreng dan membakar

Jika tak ingin makanan kehilangan banyak nutrisi jangan dimasak dengan cara digoreng atau dibakar. Bukan hanya menghilangkan nutrisi makanan tapi juga menambah jumlah kalori dan lemak trans yang tak sehat untuk tubuh dan dapat diubah menjadi kolesterol.

2. Merebus atau mengukus sebentar saja

Jika ingin merebus atau mengukus sayuran pastikan tidak dalam waktu lama, karena makanan yang overcook akan menghilangkan vitamin dan kandungan lain di dalam makanan. Cukup hingga agak layu, dan angkat sebelum warnanya berubah.

Tips Mengolah Makanan

ikan
ilustrasi makanan khas Imlek/copyright Shutterstock

3. Memanggang

Jika tidak dengan merebus atau mengukus, memanggang di dalam oven juga bisa jadi cara yang baik menjaga nutrisi makanan tertentu misalnya daging, ikan, ubi, jagung dan kentang. Pastikan juga selalu mengatur waktu agat tidak terlalu lama.

4. Memilih minyak

Memasak dengan minyak, pastikan penggunaan minyaknya sehat, pilih minyak zaitun, kelapa atau minyak nabati lainnya yang rendah lemak. Namun hindari minyak sayur atau minyak kelapa sawit yang lebih tinggi lemak.

Nah, itu dia sekian cara memasak makanan agar tidak kehilangan nutrisi sehatnya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓