Studi: 30 Persen Mahasiswa Indonesia Pilih Universitas di Inggris Raya

Karla Farhana19 Agu 2019, 20:30 WIB
[Fimela] London

Fimela.com, Jakarta Melanjutkan pendidikan di luar negeri sejak lama menjadi salah satu tujuan pelajar Indonesia. Salah satunya, Inggris Raya menjadi negara tujuan yang banyak dipilih pelajar Tanah Air. Dalam sebuah studi yang dilakukan Studying in UK, tahun 2017/2018 saja ada 3 ribu pelajar Indonesia yang memilih universitas-universitas ternama di sana. 

Dibandingkan dengan negara-negara lain, Inggris Raya memang menawarkan banyak hal kepada pelajar Indonesia. Mulai dari kebudayaannya, hingga kualitas pendidikan di sana. Maka tidak heran, Inggris Raya menjadi salah satu destinasi yang paling digandrungi buat mereka yang ingin menempuh pendidikan lebih lanjut. 

Selain itu, kualitas pendidikan dan reputasi global juga menjadi salah satu alasan mengapa Inggris Raya dipilih. Data statistik mengindikasikan jumlah pelajar Indonesia yang memilih universitas-universitas di negara ini terus naik dari tahun ke tahun. 

Tahun 2014/2015, universitas-universitas Inggris menghitung ada 2.765 pelajar yang bersekolah di sana. Tiga tahun kemudian, angka tersebut bertambah menjadi 3.065. Secara akademis, kebanyakan dari mereka mendaftar untuk menempuh jenjang S2. 

Tahun 2017/18, ada 1.685 mahasiswa Indonesia yang berkuliah S2 di sana. Sementara 1.315 mahasiswa lainnya menempuh pendidikan S1. Lantas, jurusan apa yang paling banyak diminati pelajar Indonesia untuk berkuliah di Inggris?

Jurusan yang Paling Diminati

Kuliah di Luar Negeri
Ilustrasi: Kuliah di Luar Negeri | via: dcu.ie

 

Beragam universitas di negara tersebut menawarkan banyak jurusan yang bisa kamu pilih. Kebanyakan, mahasiswa Indonesia berkuliah di sana dengan memilih jurusan bisnis. Sehingga, business school di sana paling diminati pelajar Tanah Air. Bukan hanya dari Indonesia saja, tetapi juga menjadi pilihan bagi para international students dari berbagai negara. 

Tahun lalu, ada 945 mahasiswa dari Indonesia yang mengejar Business degree di sana. Kalau dipersentasekan, 30% dari seluruh pelajar Indonesia di sana memilih jurusan bisnis. 

Selain jurusan tersebut, jurusan lain yang juga tidak kalah populer antara lain Teknik, Teknologi, Ilmu Sosial, dan Creative Arts & Designs. Lantas, kenapa banyak yang memilih ketiga jurusan tersebut? Nampaknya, menurut Studying in UK, ketiganya masuk ke dalam daftar jurusan terpopuler. Reputasi yang tinggi pun juga menjadi alasan kenapa banyak pelajar Indonesia yang memilih ketiga jurusan tersebut. 

 

Kampus Mana yang Paling Populer?

Kuliah Di Luar Negeri
Kuliah Di Luar Negeri | istock

Data statistik menunjukkan, 85% atau sebanyak 2.540 mahasiswa Indonesia daftar ke universitas-universitas Inggris. Sementara, ada 340 mahasiswa Indonesia yang kuliah di University of Scotland dan 55 pelajar Tanah Air memilih Northern Ireland. Beberapa univeritas yang paling populer bagi pelajar Indonesia antara lain The University of Manchester, Newcastle University, Coventry University, The University of Birmingham, The University of Edinburgh, dan University College London. 

Jadi, jangan takut kalau Sahabat Fimela ingin meneruskan pendidikan di Inggris Raya. Ada begitu banyak mahasiswa di sana yang berasal dari Indonesia. Kamu tidak akan sendirian dan home sick! 

#Growfearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓