4 Alasan Pentingnya Memiliki Fokus dalam Berkarier

Endah Wijayanti20 Agu 2019, 13:45 WIB
ranah profesional

ringkasan

  • Memudahkan Membagi Prioritas
  • Mencetak Prestasi-Prestasi Baru
  • Menjaga Semangat dan Motivasi
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Masing-masing orang punya pertimbangan sendiri dalam memilih karier yang ditekuni. Ada yang merasa perlu mencoba berbagai hal terlebih dahulu sebelum memutuskan memilih satu pekerjaan untuk dijalani. Ada juga yang memilih untuk mengawali karier dengan bekerja di tempat yang memberi banyak motivasi untuk meningkatkan kemampuan diri. Terlepas dari pilihan karier yang dibuat, penting bagi kita untuk memiliki fokus.

Memiliki fokus ini bisa diartikan dengan memiliki tujuan yang ingin dicapai. Fokus juga bisa diartikan menekuni satu bidang saja tapi dengan betul-betul mendalam. Memiliki fokus dalam berkarier ini sangatlah penting. Ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari hal ini.

1. Memudahkan Membagi Prioritas

Daniel Goelman dalam buku Focus menuliskan bahwa ketika kita terpaku pada suatu tujuan, apa pun yang relevan di titik fokus itu mendapat prioritas. Dengan memiliki fokus, kita akan sangat terbantu dalam memilih hal-hal yang benar. Kita pun jadi lebih mudah berkata tidak pada hal-hal yang salah atau yang sebenarnya kurang penting. Sehingga kita bisa lebih mudah mengoptimalkan waktu dan energi yang kita punya.

2. Mencetak Prestasi-Prestasi Baru

Setiap organisasi, seperti yang dijelaskan oleh Goelman, memerlukan orang-orang yang memiliki fokus kuat terhadap tujuan yang penting, talenta untuk terus-menerus mempelajari cara agar bisa bekerja dengan lebih baik lagi dan kemampuan untuk mengabaikan pengalih perhatian. Dari ini, inovasi dan produktivitas bisa meningkat. Prestasi-prestasi baru pun bisa tercetak.

 

3. Menjaga Semangat dan Motivasi

titik kehidupan
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Kegagalan dalam berkarier atau konflik yang muncul dalam perjalanan karier bisa melemahkan semangat kita dalam bekerja. Ada saatnya kita akan merasa mengalami hari-hari yang buruk. Tapi saat kita kembali diingatkan akan fokus dan tujuan kita dalam berkarier, kita akan lebih mudah memungut kembali semangat untuk berkarier. Kita akan terdorong untuk kembali berjalan ke depan.

4. Lebih Mudah dalam Mengelola Stres

Dengan memiliki fokus, kita akan lebih mudah memilah dan memilih mana yang penting dan kurang penting. Waktu kita tak gampang habis untuk hal-hal yang kurang penting. Saat sedang dilanda stres atau mengalami tekanan, kita bisa lebih mudah menemukan penawarnya. Tak lagi berlarut-larut dalam drama masalah atau penderitaan yang sebenarnya bisa diatasi dengan cara yang lebih mudah.

“The direction of your focus is the direction your life will move. Let yourself move toward what is good, valuable, strong and true.” – Ralph Marston

Saatnya untuk kembali menata rencana karier kita yang lebih baik untuk masa depan. Tetapkan fokus utamamu dan maksimalkan usahamu mewujudkan impian-impianmu.

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓