Demi Kesehatan, Hilangkan 5 Kebiasaan Buruk Ini dari Keseharian

fitriandiani22 Agu 2019, 08:30 WIB
Mendengarkan musik dengan earphone

Fimela.com, Jakarta Sehat bisa didapat dengan berbagai cara, begitu pula dengan sakit yang bisa datang dari berbagai faktor. Faktor tersebut biasanya tak terlepas dari kebiasaan sehari-hari. Makanya, penting bagi kita untuk mencermati setiap hal yang kita lakukan, kiranya akan mendatangkan kesehatan, atau sebaliknya?

Penyakit tak melulu berasal dari kebiasaan besar, lho. Kebiasaan kecil justru bisa lebih membahayakan karena kita lakukan tanpa tahu bahaya apa yang mengintai. Seperti apa contohnya?

Berikut ini, lima kebiasaan sehari-hari yang ternyata bisa mendatangkan penyakit. Simak, yuk! Agar setelah itu, kamu bisa laebih berhati-hati.

1. Menyikat gigi setelah makan

Pasti kita sering dengar anjuran untuk sikat gigi setelah makan untuk menghindari mengendapnya sisa makanan. Tapi, ternyata hal tersebut justru bisa membahayakan lapisan pelindung gigi, sebagaimana dikutip dari situ rd.com, terutama bila kamu mengonsumsi makanan atau minuman yang bersifat asam seperti citrus, jus, atau kopi. Demi kesehatan gigi, kumur dengan air saja setelah makan lalu baru sikat gigi setelah 40 menit.

2. Pakai earphone dalam waktu lama

Ilustrasi musik/headphone
Ilustrasi mendengarkan musik dengan headphone (Photo by Malte Wingen on Unsplash)

Earphone atau headphones dapat menimbulkan kerusakan permanen pada pendengaran apabila dipakai dalam durasi panjang dan/atau dengan volume tinggi. Hal ini disebut dalam penelitian ilmiah dari Stony Brook University. Hayo, siapa yang terbiasa beraktivitas sambil mendengar lagu dari earphone atau headphone seharian? Jangan lagi, ya! Batasi penggunaan maksimal 60 menit dalam volume 50% saja.

3. Menahan buang air kecil

"Jangan abaikan keinginan untuk pergi ke kamar mandi," seorang pakar dari Ohio State University Wexner Medical Center. "Menunda buang air kecil berulang kali dapat mempengaruhi refleks saraf normal yang membantumu buang air dengan mudah hingga dapat menyebabkan sembelit," lanjutnya.

4. Meletakkan ponsel di tempat tidur

Main ponsel di tempat tidur
Ilustrasi main hp ponsel di tempat tidur. (Photo by Boudewijn Huysmans on Unsplash)

Main ponsel sambil rebah di tempat tidur memang posisi yang nyaman untuk beristiraha. Tapi kebiasaan itu akan mengakibatkan kebiasaan buruk lainnya, yakni meletakkan ponsel di tempat tidur. Blue light dari ponsel dapat mengakibatkan insomnia, bunyi dan getaran yang mungkin muncul pun bisa mengacaukan kualitas tidurmu. So, jauhi ponsel ketika kamu ingin beristirahat.

5. Kurang bergerak

Terlalu lama beraktivitas sambil duduk dapat menimbulkan masalah kesehatan baru, seperti nyeri otot pinggang sampai merusak postur tubuh, Manfaatkan setiap kesempatan yang ada untuk tetap aktif bergerak. Cukup dengan jalan kaki saja, kamu terhitung 'olahraga' lho!

Hayo, kebiasaan mana yang masih sering kamu lakukan, Sahabat FIMELA?

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓