4 Tips Membuat Bubur Ketan Hitam yang Lembut

Endah Wijayanti22 Agu 2019, 07:32 WIB
tips bubur ketan hitam

ringkasan

  • Ketan Hitam Dicuci Berulang Kali dan Direndam Semalaman
  • Gunakan Api Kecil saat Merebus Ketan Hitam
  • Ketan Harus Terus Diaduk saat Direbus
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Siapa nih yang doyan banget sama bubur ketan hitam? Bubur ketan hitam merupakan salah satu jenis kudapan yang disukai banyak orang Indonesia. Dinikmati dengan kuah santan kelapa yang agak gurih, bubur ketan hitam makin nikmat disantap.

Kita bisa membuat sendiri bubur ketan hitam yang enak di rumah. Tapi untuk menghasilkan bubur ketan hitam yang lembut, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Selengkapnya, langsung saja simak tips-tipsnya di bawah ini.

1. Ketan Hitam Dicuci Berulang Kali dan Direndam Semalaman

Proses pencucian beras ketan ini sangatlah penting. Ketan hitam punya tekstur yang agak lebih keras dibanding tekstur beras putih. Untuk membuat bubur ketan hitam yang lembut, kita perlu mencuci beras hitam berulang kali dengan air bersih. Pastikan tidak ada kotoran dalam beras yang akan diolah. Setelah itu, ketan hitam perlu direndam semalaman agar teksturnya lebih lunak saat dimasak.

2. Gunakan Api Kecil saat Merebus Ketan Hitam

Agar ketan hitam bisa matang merata, gunakan api kecil saat merebusnya. Ketan hitam harus dalam kedaan terendam sempurna. Tinggi air sebaiknya sekitar 2 ruas telunjuk dari permukaan ketan hitam yang dimasukkan ke dalam panci. Bila ingin mendapatkan hasil bubur yang lebih beraroma, kita bisa menambahkan daun pandan yang sudah diikat dan sejumput garam.

 

 

3. Ketan Harus Terus Diaduk saat Direbus

bubur ketan hitam
ilustrasi bubur/copyright Shutterstock

Kita bisa menggunakan spatula kayu untuk mengaduk ketan hitam selama proses perebusan. Ketan hitam harus terus diaduk supaya bagian bawahnya tidak gosong. Dengan terus diaduk, beras ketan bisa memiliki tekstur yang lebih lembut. Jika biji ketan hitam sudah lunak atau ketika diambil sedikit mudah untuk dihancurkan dengan tangan, maka ketan sudah siap untuk segera diangkat.

4. Beri Larutan Tepung Maizena

Bagi yang ingin menikmati bubur ketan hitam yang agak kental, kita bisa menambahkan sedikit larutan maizena. Kita bisa melarutkan 1/2 sdt tepung maizena dengan tepung hangat secukupnya. Setelah itu, larutan tepung maizena bisa langsung dimasukkan dan dilarutkan dalam ketan hitam yang dimasak. Aduk hingga tercampur rata.

Cukup mudah bukan untuk membuatnya? Semoga tips ini bisa memudahkanmu untuk membuat bubur ketan hitam yang lembut dan lumer di mulut.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓