Raja Ampat, Destinasi Wisata Seindah Surga di Papua

fitriandiani21 Agu 2019, 16:30 WIB
Wayag, Raja Ampat, Papua

Fimela.com, Jakarta Papua, Provinsi paling timur Indonesia dikenal dunia dengan keindahan alamnya yang luar biasa. Tanah dan laut Papua amat subur, belum lagi kekayaan hayati di dalam air dan budaya masyarakatnya. Tak heran, kalau Papua jadi salah satu destinasi wisata kebanggaan Indonesia.

Salah satu destinasi wisata di Papua yang paling tersohor adalah Kepulauan Raja Ampat, yang terletak di Papua Barat. Kepulauan Raja Ampat terdiri dari gugusan 1.500 pulau besar dan kecil. Gundukan pasir putih, air laut yang jernih bergradasi, sampai tebing karang pun menjadi keindahan tersendiri.

Nama Raja Ampat berasal dari legenda seorang perempuan yang menemukan tujuh telur. Empat telur menetas menjadi raja dari empat pulau utama yaitu Waigeo, Batanta, Salawati, dan Misool. Sedangkan tiga telur lainnya menetas menjadi perempuan, hantu, dan batu.

Akses yang terbatas membuat perjalanan menuju destinasi wisata di Papua ini cukup sulit dan memakan biaya cukup mahal, namun keindahan alam yang akan dinikmati di sana akan membayar lunas semuanya!

 

3 Kegiata Wisata yang Bisa Kamu Lakukan di Raja Ampat, Papua

Teluk Triton, Kaimana, Papua Barat
Teluk Triton, Kaimana, Papua Barat. (Foto: Shutterstock.com By Hani Santosa)

Ke Lokasi Ikonik Raja Ampat

Keindahan alam yang masih terjaga kealamiannya tak jarang membuat pengunjung bersusah payah untuk mencapainya. Berperahu dan trekking merupakan hal biasa. Justru, itu yang harus kamu lakukan di sana! Kamu bisa berkunjung ke Wayag yang merupakan ikon Raja Ampat. Jajaran batu karang yang menjulang tinggi diselimuti dedaunan dan lumut menjadi latar foto yang amat indah!

Island Hopping

Persiapkan dirimu untuk snorkeling dan diving! Raja Ampat punya banyak spot fenomenal, di antaranya di pulau Misool, pulau Salawati, pulau Batanta, dan pulau Waigeo, dan pulai Pianemo. Di pulau Pianemo ada sebuah laguna berbentuk bintang yang berair jernih. Tapi di tempat lain pun tak kalah jernih. Banyak biota laut nan indah yang bahkan bisa kamu lihat dari permukaan. Di Papua, khususnya di Raja Ampat, kamu takkan melihat laut tak indah!

Berkunjung ke Desa Setempat

Desa Wisata Papua Barat
Desa Wisata di Papua Barat. (Foto: shutterstock.com By Raffaella Galvani)

Jangan cuma menikmati keindahan alamnya, sempatnya untuk berkeliling ke desa penduduk dan membaur dengan warga setempat. Salah satu desa yang bisa dikunjungi yakni desa Sawinggrai. Di sini kamu bisa melihat burung Cenderawasih jika beruntung! Bisa juga ke desa Sauwandarek yang juga merupakan desa wisata.

Keramahan warga lokal dan keceriaan anak-anak yang menyambut para wisatawan dengan tulus akan membuatmu malas pulang. Di dermaga, kamu juga bisa berfoto-foto sambil memandang terumbu karang dari atas jembatan kayu.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓