Mengerikan, Hutan Amazon Brasil Alami Kebakaran Terparah Sepanjang Sejarah

Vinsensia Dianawanti22 Agu 2019, 12:00 WIB
Kebakaran hutan

ringkasan

  • Hutan hujan Amazon Brasil alami kebakaran terparah sepanjang sejarah
  • Jumlah kebakaran di Brasil mencapai 72 ribu kebakaran dengan setengah di antaranya terjadi di Amazon
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Kebakaran hutan Amazon Brasil yang terjadi tahun ini mencapai rekor tertinggi. Para ilmuwan pun memperingatkan bahwa ini bisa menjadi hambatan dalam upaya mengatasi perubahan iklim.

Kebakaran yang melanda hutan Amazon memasuki tingkat tertinggi sejak Institut Nasional untuk Penelitian Luar Angkasa (INPE) mulai melacak kejadian serupa sejak 2013. Dalam laporannya, INPE menyebutkan terdapat 72.843 kebakaran di Brasil terjadi tahun ini. Lebih dari setengah jumlah tersebut terjadi di wilayah Amazon. Artinya terjadi peningkatan 80 persen kebakaran dibanding tahun sebelumnya.

Pandangan dari langit menunjukkan gumpalan asap yang menghitam menyeruak di area hijau hutan Amazon. Kebakaran yang berlangsung sekitar satu jam itu telah mencakup sebagian besar jalanan di kota Sao Paulo yang berjarak lebih dari 2.700 kilometer dari Amazon.

Pada Rabu sore, beberapa gambar pun menunjukkan bahwa langit berubah menjadi gelap membuat matahari tenggelam di balik asap. Banyak kelompok peduli lingkungan pun menyalahkan presiden sayap kanan Brasil, Jair Bolsonaro atas kejadian ini.

 

Presiden yang dianggap santai dalam atasi kondisi lingkungan

Kebakaran hutan
Kebakaran hutan (foto: Unsplash.com/Birgit-Lengert)

Bolsonaro dianggap membahayakan hutan hujan yang vital karena terlalu santai dalam mengontrol kondisi lingkungan di negara tersebut yang menyebabkan meluaskan deforestasi. Di mana sang presiden telah mendorong penebang kayu dan petani untuk membuka lahan.

Kebijakan lingkungan yang digagas Bolsonaro memang telah menjadi sorotan sejak awal diluncurkan. Ia mengampanyekan pemulihan ekonomi melalui eksplorasi potensi ekonomi Amazon. Pemotongan anggaran dan campur tangan pemerintah federal membuat orang kini lebih mudah melakukan eksploitasi hutan hujan.

Kebakaran hutan memang seringkali terjadi pada musim kering di Brasil. Namun kebakaran yang terjadi di wilayah Brasil saat ini di atas normal pada musim kering.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓