4 Tips Membuat Telur Dadar Gurih dengan Sensasi Garing dan Renyah

Endah Wijayanti22 Agu 2019, 16:40 WIB
telur dadar garing

ringkasan

  • Telur Dikocok sampai Berbusa
  • Telur Dadar Digoreng dalam Minyak yang Banyak
  • Goreng saat Minyak Sudah Benar-Benar Panas
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Telur dadar merupakan salah satu menu yang paling mudah dibuat. Bisa dinikmati sebagai menu sarapan dan cocok dijadikan bekal. Bila bosan dengan telur dadar yang "biasa", coba kali ini bikin yang agak istimewa, yaitu telur dadar dengan sensasi renyah.

Telur dadar yang ini punya rasa yang agak gurih. Teksturnya terasa lebih krispi atau renyah. Menikmati telur dadar ini dengan nasi putih saja rasanya sudah lezat. Kalau mau membuat telur dadar yang memiliki tekstur renyah, pastikan mengikuti tiga tips berikut ini.

1. Telur Dikocok sampai Berbusa

Kita bisa pakai bumbu sederhana seperti garam dan lada bubuk untuk membuat telur dadar. Bisa juga menambahkan irisan daun bawang untuk menambah cita rasa. Telur perlu dikocok sampai berbusa agar bisa menghasilkan tekstur garing saat digoreng.

2. Telur Dadar Digoreng dalam Minyak yang Banyak

Supaya tidak kempes, telur perlu digoreng dengan menggunakan minyak yang banyak. Telur perlu dalam keadaan benar-benar terendam saat digoreng. Jika digoreng dengan minyak sedikit, nantinya telur akan mudah kempes dan tak memiliki tekstur krispi. Supaya rasa otentik telur makin terasa, gunakan minyka goreng yang masih baru bukan minyak bekas pakai.

 

 

3. Goreng saat Minyak Sudah Benar-Benar Panas

telur dadar
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Panaskan minyak di wajan terlebih dahulu. Lalu ketika sudah benar-benar panas (coba masukkan setetes adonan telur, bila sudah berbuih berarti sudah panas), masukkan telur. Kalau minyak belum panas, nantinya telur tidak memiliki tekstur yang garing ketika matang.

4. Tuang Telur Perlahan sambil Mengaduk Minyaknya

Kita bisa menggunakan sumpit dalam proses penuangan telur ke minyak panas. Sembari tangan kiri menuangkan telur dari mangkok, tangan kanan memegang sumpit lalu aduk minyaknya. Di sini, telur akan tampak terpecah-pecah karena diaduk. Tapi begitu semua adonan telur masuk, kita perlu langsung mengangkat sumpit, dan telur bisa digoreng hingga matang. Sebaiknya dibalik cukup satu kali saja agar tidak menyerap minyak terlalu banyak.

Nah, sekarang saatnya untuk mencoba membuat telur dadar yang istimewa sendiri di rumah. Semoga tips-tips di atas membantumu, ya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓