Cara Mudah Menghilangkan Ulat di Sayur Brokoli dan Kembang Kol

Mimi Rohmitriasih23 Agu 2019, 10:15 WIB
brokoli

ringkasan

  • Rendam dengan air yang sudah diber garam
  • Bilas dengan air yang mengalir agar kotoran hilang
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Sayur brokoli dan kembang kol menjadi salah satu sayur yang enak. Tak hanya enak, sayuran ini juga kaya nutrisi, manfaat dan antioksidan yang baik buat kesehatan tubuh.

Ada beragam masakan lezat yang bisa dibuat dengan bahan utama brokoli maupun kembang kol. Masakan tersebut bisa berupa masakan yang dimasak dengan cara digoreng, ditumis, sayur kuah atau cukup direbus dan disajikan bersama sambal.

Mengenai sayur brokoli dan kembang kol, tidak jarang kita akan menemukan ulat di sela-sela sayuran. Tak masalah Sahabat Fimela, adanya ulat ini justru menandakan sayur sehat dan tidak banyak mengandung pestisida. Namun, adanya ulat di sayur brokoli tidak jarang membuat kita geli bahkan jijik. Lantas, bagaimana cara untuk menghilangkan ulat di kedua sayuran tersebut?

Cara Menghilangkan Ulat di Brokoli dan Kembang Kol

brokoli
Ilustrasi/copyright shutterstock.com
  1. Potong-potong sayur brokoli dan bunga kol sesuai selera. Sebaiknya potong kecil-kecil sebesar ibu jari agar lebih mudah matang saat dimasak.
  2. Cuci sayur brokoli dan bunga kol yang telah dipotong-potong. Mencuci sayuran ini bertujuan menghilangkan debu atau kotoran yang masih menempel di sayur.
  3. Siapkan baksom atau wadah yang berisi air garam. Rendam sayur brokoli dan bunga kol di dalam air garam ini kira-kira selama 15 menit. Merendam sayuran dengan air garam bermanfaat membunuh atau menghilangkan hewan-hewan dan bakteri yang terdapat di sayur brokoli termasuk membunuh ulat beserta telur-telurnya.
  4. Cuci kembali sayuran dengan air mengalir, tiriskan dan selanjutnya bisa segera dimasak menjadi masakan lezat menggugah selera.

Cara menghilangkan ulat pada sayur brokoli dan bunga kol yang begitu mudah bukan? Agar ulat benar-benar mati, masak sayur brokoli dan bunga kol di dalam air mendidih sebelum diolah menjadi aneka masakan. Semoga tips dapur ini bermanfaat.

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓