Sering Mendapati Jerawat Tumbuh di Kulit Kepala? Ini Solusinya

Annissa Wulan23 Agu 2019, 15:00 WIB
Rambut

Fimela.com, Jakarta Ternyata, jerawat tidak hanya bisa tumbuh di kulit saja, namun juga kulit kepala. Apa kamu juga sering mendapati jerawat yang tiba-tiba muncul di kulit kepala?

Benjolan yang terjadi di kulit kepala biasanya bukan jerawat, melainkan folliculitis, hasil dari reaksi peradangan di sekitar rambut dan folikel sebum. Hal ini dapat disebabkan oleh banyak hal, namun yang paling sering adalah produksi hormonal dan kelebihan sebum.

Folliculitis sangat normal dan dapat berkembang pada area kulit mana saja yang memiliki folikel rambut. Munculnya folliculitis yang seperti jerawat ini lebih umum terjadi saat cuaca hangat dan lembap, disebabkan oleh penumpukan minyak, kotoran, dan bakteri di kulit, seperti dilansir dari newbeauty.com, Jumat (23/8/2019).

 

Tips mengatasi benjolan seperti jerawat yang muncul di kulit kepala

Rambut Beruban
Ilustrasi rambut beruban/copyright shutterstock

Dalam banyak kasus, folliculitis cenderung sembuh dengan sendirinya, namun dalam kasus yang lebih parah atau kronis, proses penyembuhannya membutuhkan rangkaian antibiotik. Dry shampoo dapat memperburuk hal ini, karena penggunaan dry shampoo membuat kamu lebih jarang keramas dan meningkatkan penumpukan kotoran.

Benjolan juga bisa berupa sisik yang dihasilkan dari ketombe atau eksim. Sisik pada kulit kepala lebih sering diakibatkan oleh peradangan.

Jika kamu sering mendapati benjolan seperti jerawat muncul di kulit kepala, yang harus dilakukan pertama kali adalah menjaga kulit kepala tetap bersih dan bebas dari minyak. Jika memang benjolan tersebut adalah jerawat, gunakan produk yang mengandung benzoyl peroksida dan jika tidak berhasil, periksakan ke dokter kulit.

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓