7 Tips dan Trik Anti Gagal Membuat Cheesecake

Febi Anindya Kirana23 Agu 2019, 19:23 WIB
cheesecake

Fimela.com, Jakarta Membuat kue memang ada cara uniknya sendiri yang terkadang tricky, apalagi jika ingin membuat cheesecake yang enak dan berhasil. Ini sekian hal yang bisa dilakukan jika ingin sukses membuat cheesecake.

1. Gunakan krim cheese suhu ruangan

Krim cheese beku yang sulit tercampur rata dengan bahan kue lainnya ketika suhunya dingin. Jadi pastikan memakai krim cheese suhu ruang. Jika disimpan di kulkas, biarkan dulu hingga suhu ruang, baru dipakai.

2. Sedikit tepung atau maizena

Bukan berbahan tepung, bukan berarti cheesecake tak memakai tepung sama sekali, tambahkan sedikit tepung atau maizena jika ingin teksturnya padat dan lembut. Tepung mencegah cheesecake pecah dan terlalu mengembang.

3. Gunakan loyang yang bisa dibuka

Tak ingin cheesecake pecah karena kesulitan mengeluarkannya dari loyang? Gunakan loyang yang dapat dibuka-tutup atau dikunci dari samping. Pastikan juga telah melapisi dasarnya dengan margarin agar cheesecake tidak menempel.

Tips agar Berhasil Membuat Cheesecake

[Bintang] Cheesecake
Cheesecake (Sumber Foto: mode.com)

4. Jangan mengaduk adonan terlalu lama

Aduk secukupnya saja hingga adonan tercampur rata. Karena telur berperan mengunci udara, terlalu lama mengaduk akan membuat adonan kehilangan banyak udara dan akhirnya kempes atau tidak bisa mengembang.

5. Direndam dalam air

Ketika memanggang, teknik merendam loyang di baki berisi air akan memberikan kelembapan yang menghasilkan cheesecake moist dan lembut serta mencegahnya pecah.

6. Biarkan dingin sempurna

Janagn buru-buru mengeluarkan cheesecake dari loyang jika belum dingin benar karena rawan pecah dan hancur. Biarkan hingga dingin benar dan set atau terlihat memadat, setelah itu keluarkan dari loyang.

7. Jangan memanggang terlalu lama

Perhatikan waktu yang tepat untuk memanggang cheesecake. Jika menggunakan oven tradisional, pastikan selalu mengecek kuenya. Tanda cheesecake sudah matang dipanggang adalah ketika bagian pinggiran dan permukaannya memadat. Keluarkan dari oven ketika masih ada bagian tengah yang agak cair.

Itu dia sekian tips yang bisa diterapkan jika ingin berhasil membuat cheesecake.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓