Penting! Ini Cara Simpan Kopi yang Benar Agar Tetap Nikmat

Nabila Mecadinisa27 Agu 2019, 10:00 WIB
Kopi

Fimela.com, Jakarta Kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup sehari-hari dan kebutuhan penting bagi setiap orang. Ciri khas setiap rasa dari biji kopi pilihan akan membawa kepuasan serta memberi energi tersendiri bagi siapapun yang menikmatinya. Bagi para penikmat kopi, mungkin ia hanya suka akan rasa yang dihadirkan dari kopi tersebut. Namun bagi para pencinta kopi, ia akan paham betul keunikan rasa dari setiap biji kopi yang mampu memberikan sensasi rasa beragam, mulai dari fruity, dark chocolate, black cherry, hingga ada pula biji kopi yang akan memberikan rasa menyerupai wine. 

Namun. kenikmatan tersebut bisa hilang dengan mudah di saat kamu menyimpan kopi dengan cara yang salah. Seperti yang dilansir dari Mydomaine.com, berikut cara mudah dan tepat untuk jadikan aroma kopi tetap nikmat walau disimpan di dalam rumah.

Menyimpan seluruhnya Vs Pre-ground biji kopi

Para ahli setuju jika rasa ternikmat kopi adalah disaat biji kopi tersebut baru digiling. Semakin lama waktu antara grinding dan brewing, maka rasa kopi tersebut akan semakin hilang karena menguap. Jadi, jika kamu para pencinta dan penikmat kopi yang tak mau kehilangan rasa sesungguhnya dari kopi favorit, biasakanlah untuk hanya membeli biji kopi dan grinding saat akan menikmatinya. Untuk menyimpan sisa biji kopi, akan lebih mudah. Cukup simpan dalam kemasan kedap udara sehingga kesegaran biji kopi akan semakin terjaga.

Jika kamu lebih memilih menghaluskan langsung semua biji kopi, maka pastikan untuk menyimpannya dalam kemasan yang bersih dan kering, serta hindari cahaya langsung, dan pastikan tersimpan dalam suhu ruang yang dingin.

Yang pasti, hindari kopi dari air, kelembapan, cahaya, panas, dan tempat penyimpanan yang tak kedap udara.

Cara menyimpan kopi yang tepat

Kopi
Kopi (Foto: Unsplash/@dibella)

Berapa lama biji kopi bisa disimpan?

Jika kamu menyimpannya secara benar, maka keseluruhan biji kopi akan sempurna saat disimpan hingga tiga bulan. Hal ini karena biji kopi tidak terkontaminasi dan masih segar. Jika kamu sudah menjadikannya bubuk, maka pastikan untuk segera menyeduhnya atau setidaknya 2 hingga 3 minggu setelah biji kopi dihaluskan.

Bolehkan biji kopi di simpan pada lemari pendingin?

Kopi bersifat hygroscopic di mana memiliki daya serap yang cukup tinggi. Di saat kamu menyimpan kopi di dalam lemari pendingin, maka hanya akan membuat kesegarannya hilang. Cara ini juga dinilai kurang ideal. Karena saat kamu menyimpan dalam lemari pendingin, dan setiap pagi membukanya untuk dijadikan kopi. Proses tersebut hanya akan menjadikan kopi lembap dan kehilangan rasanya.

 

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓