Kata Maaf Tidak Menjamin Hubungan Langgeng Selamanya

Mimi Rohmitriasih27 Agu 2019, 11:48 WIB
couple marah

Fimela.com, Jakarta Saat menjalin hubugan asmara, siapapun pasti ingin hubungan tersebut bahagia selalu dan langgeng selamanya. Saat ada yang melakukan kesalahan, keduanya tak segan untuk meminta maaf dan memberikan maaf.

Namun Sahabat Fimela, kata maaf saja tidak cukup membuat hubungan asmara selalu langgeng selamanya. Kata maaf tak menjamin membuat hubungan langgeng dan baik-baik saja.

Pasangan yang terlalu sering mengucapkan maaf namun juga terus menerus melakukan kesalahan yang sama, ini akan membuat hubungan terasa lebih hambar. Kata maaf yang terlalu sering keluar dalam hubungan tidak jarang membuat kepercayaan seseorang pada pasangan berkurang.

Bahaya Meminta Secara Berlebihan

couple marah
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Para ahli mengungkapkan jika permintaan maaf yang berlebihan bukannya berdampak positif tapi sebaliknya. Orang-orang yang sering meminta maaf apalagi dilakukan secara berlebihan, ini berisiko tinggi untuk tidak dianggap serius. Orang yang terlalu sering meminta maaf tapi selalu mengulangi kesalahan yang sama, ini membuatnya dinilai kurang sungguh-sungguh meminta maaf.

Maja Jovanovic, seorang psikilog dalam forum TEDx Talk menjelaskan bahwa orang yang meminta maaf secara berlebihan terutama meminta maaf ke pasangan akan dianggap kurang percaya diri. Orang-orang juga akan dianggap terlalu lemah sehingga membuat hubungan asmara terasa kurang menantang.

Saat melakukan kesalahan dalam hubungan, meminta maaf adalah poin wajib dan penting buat dilakukan. Sebaiknya, permintaan maaf ini dilakukan secara sungguh-sungguh dan kesalahan yang sama tak pernah terulang kembali. Agar pasangan lebih peduli dan percaya dengan keseriusan maafmu, usahakan untuk meminta maaf secukupnya saja.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓