Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas Agar Tetap Segar

Mimi Rohmitriasih28 Agu 2019, 09:10 WIB
menyimpan sayur

Fimela.com, Jakarta Sayur menjadi salah satu bahan makanan yang wajib ada di menu makanan Sahabat Fimela setiap harinya. Sayuran mengandung berbagai nutrisi baik yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Mengenai sayuran, tidak sedikit dari kita yang bertanya-tanya apakah menyimpan sayuran di kulkas sama dengan ketika kita menyimpan buah? Bagaimana agar sayuran yang disimpan di kulkas tetap segar dan tidak mudah busuk?

Berikut adalah cara yang perlu diperhatikan ketika ingin menyimpan sayuran di kulkas.

Cara Menyimpan Sayur di Kulkas

menyimpan sayur
Ilustrasi/copyright shutterstock.com
  1. Saat membeli sayuran, pastikan untuk membeli sayuran yang masih segar dan baru. Hindari membeli sayur yang sudah layu, rusak atau tidak hijau lagi warnanya.
  2. Sebelum disimpan, sortir atau pilih sayuran. Pilih sayuran dengan kualitas terbaik.
  3. Setelah sayur dipilih yang paling baik, cuci sayuran dengan air mengalir. Mencuci sayuran bermanfaat menghilangkan bakteri, sisa pestisida atau menghilangkan ulat.
  4. Tiriskan sayuran yang telah dicuci hingga asat atau berkurang banyak air bekas cuciannya.
  5. Bungkus sayur dengan kertas atau plastik. Ini tergantung selera. Namun, jika memilih memungkus sayur dengan plastik, usahakan untuk melubangi plastik yang ada.
  6. Pisahkan sayuran dengan bahan makanan lain terutama bahan makanan yang memiliki aroma menyengat. Sebaiknya sayuran disimpan di kulkas bagian bawah khusus untuk menyimpan sayur.
  7. Hindari memotong sayuran yang hendak disimpan. Memotong sayuran yang akan disimpan hanya akan mengurangi nutrisinya. Ini juga membuat sayuran lebih mudah berkurang kualitasnya.
  8. Ambil sayuran secukupnya saja setelah disimpan di kulkas. Untuk sayuran, masa simpan paling lama yakni tak lebih dari 5 hari.

Itulah cara menyimpan sayuran di kulkas atau lemari es. Cara yang cukup mudah bukan? Selamat mencoba tips dapur ini dan semoga bermanfaat.

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓