Mengolah Tahu agar Cita Rasanya Mirip Daging Ayam, Simak Tipsnya

Endah Wijayanti28 Agu 2019, 14:45 WIB
tips mengolah tahu

ringkasan

  • Gunakan Tahu yang Teksturnya Kering
  • Taburi dengan Aneka Bumbu
  • Baluri dengan Tepung Maizena
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Tahu bisa diolah jadi berbagai macam hidangan dan masakan. Salah satunya adalah diolah dengan cara membuat cita rasanya mirip daging ayam. Khususnya bagi yang menganut pola hidup vegetarian, tahu yang bercita rasa seperti daging ayam bisa menjadi menu paling favorit.

Ada tips tersendiri untuk mengolah tahu agar cita rasanya mirip daging ayam. Selengkapnya, langsung simak di sini, ya. Siapa tahu meski tidak mengikuti pola makan hidup vegetarian, kita ingin mencoba kreasi baru yang berbeda dari tahu.

1. Gunakan Tahu yang Teksturnya Kering

Tahu memiliki tekstur yang basah dan lembap. Tapi bila ingin menghasilkan cita rasa yang mirip daging ayam, kita perlu menggunakan tahu yang teksturnya kering. Caranya bisa dengan menekan-nekan permukaan tahu menggunakan lap kering yang bersih untuk menyerap airnya. Bisa juga tahu disiram terlebih dahulu dengan air panas, kemudian bungkus dengan lap kering dan diamkan selama sekitar 60 menit hingga permukaannya kering.

 

2. Taburi dengan Aneka Bumbu

Tahu goreng
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Agar rasa tahu lebih gurih, kita bisa menaburinya dengan garam, lada, atau bubuk paprika. Baluri tahu dengan bumbu lalu diamkan selama sekitar 30 menit agar bumbu bisa meresap. Bila perlu simpan dalam kulkas agar bumbu makin meresap.

3. Baluri dengan Tepung Maizena

Ingin mendapatkan tekstur tahu yang renyah? Baluri tahu dengan tepung maizena. Padatkan adonannya agar ketika digoreng bisa menghasilkan tekstur krispi seperti ayam goreng. Atau jika ingin mendapatkan tekstur yang kenyal, bisa tambahkan tepung tapioka. Biasanya untuk olahan sate tahu, kita bisa menambahkan lapisan tepung tapioka untuk membuat teksturnya jadi lebih kenyal.

Tahu yang dipilih sebaiknya tahu putih biasa. Tak perlu menggunakan tahu sutra karena kandungan airnya terlalu banyak. Kalau Sahabat Fimela punya cara atau tips lain dalam mengolah tahu agar cita rasanya mirip daging ayam, boleh juga bagi infonya di sini.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓