5 Tips Menghilangkan Bau Amis Telur pada Kue

Febi Anindya Kirana28 Agu 2019, 15:22 WIB
kue

Fimela.com, Jakarta Banyak orang bilang, semua orang bisa masak, namun tidak semua orang bisa membuat kue. Bagi pemula, mungkin membuat kue menjadi sebuah tantangan tersendiri, salah satunya mengatasi bagaimana kue tidak bau dan terasa amis karena adanya telur.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan jika tak ingin kue menimbulkan bau dan rasa amis telur.

1. Tambahkan vanili

Aroma harum vanili bisa menyamarkan atau bahkan menghilangkan sama sekali bau dan rasa amis telur pada adonan kue. Jangan pernah sama sekali menghilangkan bahan vanili pada setiap resep kue, karena perannya sangat penting.

2. Bubuk kayu manis

Jika tak ada vanili, bisa juga menggunakan sejumput kayu manis untuk menghilangkan bau amis telur. Sama halnya dengan vanili, aroma kuat kayu manis akan membuat kue memiliki aroma harum.

Cara Menghilangkan Bau dan Rasa Amis Telur pada Kue

kue
Photo by Daria Shevtsova from Pexels

3. Mengurangi telur dalam bahan kue

Jika bahan telur bisa diganti dengan bahan lain sehingga tidak menimbulkan amis berlebihan, maka lakukan saja. Misalnya dalam membuat pie atau bolu, bisa diganti dengan menambahkan bahan lain dan mengurangi kuning telur. Belajar memodifikasi resep kue sehingga tidak amis.

4. Cek kesegaran telur

Selalu gunakan telur yang baru dibeli atau fresh. Akan lebih baik jika langsung membeli ke peternak sendiri. Jika tak tahu apakah telu segar atau tidak, cek dengan melihat konsistensi kuning dan putih telur. Jika putih telur encer, berarti tidak segar. Begitu pula dengan kuning telur, jika warnanya tidka cerah atau pucat, tanda tidak segar.

5. Air jeruk dan Pandan

Jika kebetulan kehabisan vanili dan ada air jeruk lemon dan daun pandan, bisa juga menambahkan salah satu bahan ini untuk menghilangkan bau amis, selama tidak merusak resep kue.

Itu dia sekian cara menghilangkan bau amis telur pada kue. Bukan hanya perlu trik untuk setiap membuat kue yang enak, tapi aroma yang sedap juga jadi tanda berhasil membuat kue.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓