3 Tips Membuat Onigiri yang Rapi dan Padat

Endah Wijayanti28 Agu 2019, 17:45 WIB
Diperbarui 28 Agu 2019, 17:45 WIB
tips membuat onigiri

ringkasan

  • Gunakan Campuran Beras Putih Biasa dan Beras Ketan
  • Basahi Tangan sebelum Membuat Nasi Kepal
  • Beri Isian Secukupnya
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Onigiri atau nasi kepal termasuk salah satu kreasi nasi yang paling mudah dibuat. Onigiri pun cocok untuk dijadikan bekal karena mudah dan praktis untuk dikonsumsi. Tapi untuk membuat onigiri yang rapit dan padat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Kesulitan terbesar dalam membuat onigiri adalah memastikan nasi bisa benar-benar menempel sempurna. Pastinya akan tidak menyenangkan bila onigiri yang dibuat malah ambyar ketika akan disantap. Untuk itu, coba ikuti tiga tips berikut ini untuk membuat onigiri yang rapi dan panat.

1. Gunakan Campuran Beras Putih Biasa dan Beras Ketan

Agar saat dikepal, nasi bisa menempel sempurna, kita bisa membuat campuran nasinya dari beras putih biasa dan beras ketan. Beras ketan memiliki karakter yang mudah lengket sehingga ketika dipadatkan akan lebih mudah dibentuk. Bisa juga menggunakan beras japonica atau beras Jepang yang memiliki tekstur lebih lebih kenyal dan lengket, sehingga cocok untuk dijadikan onigiri.

2. Basahi Tangan sebelum Membuat Nasi Kepal

onigiri
ilustrasi nasi kepal/copyright Shutterstock

Cuci tangan sampai bersih terlebih dahulu. Setelah itu perciki telapak tangan dengan sedikit air. Dengan permukaan tangan yang sedikit basah ini kita bisa lebih mudah dalam membentuk nasi kepal. Selain itu, nasi pun tidak akan lengket di tangan saat dibentuk.

3. Beri Isian Secukupnya

Isian yang terlalu besar atau terlalu banyak hanya akan membuat nasi kepal makin sulit dibentuk. Bentuk bulatan, beri isian, lalu kepalkan kembali hingga lebih padat. Kita bisa melapisi nasi kepal dengan rumput laut kering untuk mempercantiknya.

Tidak sulit kan untuk mengikuti tips-tips di atas? Semoga infonya bisa memudahkanmu dalam proses pembuatan nasi kepal favoritmu.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓