Ingin Mengubah Karier di Usia 30an? Simak Ini Dulu

Annissa Wulan29 Agu 2019, 15:30 WIB
Perempuan Bekerja

Fimela.com, Jakarta Bicara tentang karier, banyak hal yang bisa digali, termasuk berbagai perubahan yang dilakukan untuk mencapai hal-hal yang diinginkan. Menariknya lagi, tidak sedikit orang yang memutuskan untuk mengubah karier mereka di usia 30an, apa kamu salah satunya?

Dilansir dari marieclaire.co.uk, Kamis (29/8/2019), berikut ini adalah beberapa hal yang harus kamu ketahui dan pahami sebelum memutuskan untuk mengubah karier di usia 30an. Penasaran apa saja?

1. Mengambil langkah pertama

Hal pertama yang harus menjadi perhatianmu adalah mengetahui apa yang sebenarnya kamu inginkan. Berhentilah sejenak dari apapun yang sedang kamu lakukan sekarang, pikirkan tentang apa saja hal-hal yang terasa tidak benar, dan apa yang tidak kamu sukai dari kariermu saat ini untuk menentukan perubahan yang paling tepat.

Buatlah juga daftar tentang hal-hal yang kamu inginkan dalam hidup di lima tahun kedepan, apa yang ingin kamu miliki, dan di mana kamu ingin berada saat itu. Mengubah karier tanpa pemikiran yang matang dan serius bisa menjadi bencana.

2. Gunakan apa yang menjadi keahlianmu

Di sini kamu perlu memahami apa hal yang sebenarnya dapat membuatmu bergerak dan lingkungan seperti apa yang cocok denganmu. Ketika kamu sudah menemukan jawabannya, maka hal tersebut akan berkembang dan memberimu energi untuk menentukan karier yang diinginkan.

 

 

3. Menemukan peran yang tepat untuk diri sendiri

pekerjaan
ilustrasi perempuan bekerja/Photo by Brooke Cagle on Unsplash

Menemukan peran yang tepat tidak harus menjadi hal yang sulit, mulailah dengan membuat daftar hal-hal penting yang kamu inginkan dari karier yang baru.

4. Mempersiapkan keuangan

Ada satu hal penting lagi yang harus mendapat perhatianmu ketika ingin mengubah karier di usia 30an, yaitu keuangan. Jika kamu beralih karier menjadi wiraswasta, usahakan untuk tetap berada di tempat lama mempersiapkan keuangan.

5. Jangan terburu-buru, luangkan waktumu

Sangat mudah untuk terjebak dengan gagasan mengubah karier, sehingga kamu akan menerima tawaran apapun yang datang menghampiri. Bertahanlah dengan pekerjaanmu saat ini selagi mencari tahu langkah karier selanjutnya yang harus diambil.

6. Buat jaringan

kerja keras bagai kuda 1
Ilustrasi./Copyright pexels.com

Jangan pernah meremehkan kekuatan jaringan, karena kamu dapat menentukan pilihan dan perubahan yang tepat dari semua jaringan yang dimiliki. Ketika kamu ingin mengubah karier, 70 sampai 80% orang mendapatkan pekerjaan baru dari siapa yang mereka kenal.

7. Pastikan apa yang benar-benar kamu inginkan

Masih belum yakin? Coba lakukan penelitian sebanyak mungkin dan beri nilai terhadap kriteria yang kamu inginkan, apakah sesuai dengan motivasi dan gaya hidupmu saat ini.

Terakhir adalah jangan pernah bertindak gegabah atau impulsif, terutama dalam hal mengubah karier. Selamat mencoba!

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓