6 Alasan yang Bisa Menyebabkan Kamu Food Coma

Annissa Wulan30 Agu 2019, 11:00 WIB
Ilustrasi makan

Fimela.com, Jakarta Food coma adalah kondisi di mana kamu merasa benar-benar kenyang setelah makan yang lebih besar atau lebih banyak daripada biasanya. Food coma biasanya membuatmu merasa lesu dan jika ini terjadi sesekali masih bisa dikatakan normal, namun bagaimana jika food coma terjadi terus menerus?

Dilansir dari goodhousekeeping.com, Jumat (30/8/2019), food coma biasanya ditandai dengan perasaan lelah dan mengantuk setelah makan. Berikut ini adalah beberapa alasan yang cenderung menyebabkan kamu food coma, penasaran?

1. Makanan yang kamu konsumsi

Makanan olahan, makanan dengan banyak kandungan gula, dan karbohidrat olahan dapat menyebabkan kadar glukosamu naik, dan turun dengan cepat. Inilah saat di mana biasanya kamu mengalami food coma, rasa tidak nyaman, lesu, pusing, dan tidak bisa berpikir jernih.

2. Banyaknya makanan yang kamu konsumsi

Ini sebenarnya tergantung hormon yang dikeluarkan tubuh, ghrelin. Hormon ini membuatmu merasa lapar. Sementara leptin memberitahu tubuh bahwa kamu sudah kenyang. Jika kamu makan terlalu cepat, tubuh tidak akan memiliki kesempatan untuk mengejar ketinggalan.

Saat leptin masuk, kamu sudah terlalu banyak mengonsumsi makan dan usus sudah terlalu penuh. Di sinilah kamu biasanya mengalami food coma.

3. Tiroid

Tiroid yang rendah akan membuatmu sangat rentan terhadap naik turunnya glukosa karena kamu tidak menghasilkan energi yang cukup. Namun, jika kamu memiliki kelenjar adrenal dan tiroid yang sehat, tubuh dapat menyesuaikan dan beradaptasi untuk membawa glukosa kembali mempertahankan tingkat energi setelah makan.

 

 

4. Mikrobioma yang melemah

Ilustrasi makan
Ilustrasi makan. Sumber foto: unsplash.com/Gardie

Mikrobioma adalah lingkungan di mana mikroorganisme hidup dan jika lingkungan ini tidak sehat, maka dapat mengganggu penyerapan makanan. Sedangkan mikrobioma yang sehat dan kuat dapat mengurangi lonjakan gula atau ayunan hormon.

5. Alergi

Banyak orang sebenarnya bereaksi terhadap makanan yang dapat meningkatkan kelelahan. Namun, tidak semua alergi harus menyebabkan ruam.

6. Kekurangan nutrisi

Kekurangan nutrisi, seperti vitamin B12, zat besi, atau serat dapat membuatmu merasa membutuhkan lebih banyak makanan.

Tips mengatasi food coma

Ilustrasi makan
Ilustrasi makan. Sumber foto: unsplash.com/Muhammad Ruqiyaddin.

Berikut ini adalah tiga tips mengatasi food coma yang bisa kamu coba lakukan:

1. Menyempurnakan makan

Seimbangkan makanan tinggi karbohidrat dengan lemak dan protein untuk membantu menstabilkan gula darah.

2. Makan dengan sadar

Makan perlahan untuk memberi tubuh kesempatan beralih dari hormon ghrelin ke leptin.

3. Bergerak

Saat makan, kamu akan bernapas lebih sedikit, meningkatkan kadar CO2 dalam sistem dan menyebabkan penurunan energi. Pertimbangkan untuk berjalan-jalan setelah makan besar untuk meningkatkan jumlah oksigen dalam sistem tubuh.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓