Merasa Kesepian Tak Lantas Membuatmu Jadi Perempuan Lemah

Endah Wijayanti29 Agu 2019, 13:45 WIB
perempuan kesepian

Fimela.com, Jakarta Setiap orang pernah merasakan dan berada pada masa-masa kesepiannya. Kesepian bisa menghadirkan perasaan kosong. Bisa membuat kita merasa hampa. Bahkan mungkin bisa membuat kita merana. Meski begitu, terkadang ktia tak bisa menolak rasa kesepian begitu saja.

Tak apa merasa kesepian. Di luar hal-hal yang tak bisa kita kendalikan, adakalanya kita perlu berdamai dengan kesepian yang ada. Kesepian bukan tanda kita lemah. Malah itu tanda bahwa kita masih punya perasaan.

Menikmati Waktu Sendirian Bisa Menenangkan Pikiran

Jalan-jalan sendirian, menonton film sendirian, atau sekadar menghabiskan waktu bersantai di rumah sendirian. Menikmati waktu sendirian bisa sangat membantu menenangkan pikiran. Kadang kita butuh sepi untuk bisa kembali menata hati dan jiwa kita. Di tengah berbagai macam kesibukan dan rutinitas, kita pun perlu jeda. Jeda untuk istirahat dan membantu diri kita merasa lebih baik-baik saja.

 

Sometimes I feel so- I don’t know - lonely. The kind of helpless feeling when everything you’re used to has been ripped away. Like there’s no more gravity, and I’m left to drift in outer space with no idea where I’m going’Like a little lost Sputnik?’I guess so. ― Haruki Murakami, Sputnik Sweetheart

Bahaya Makan Manis Berlebihan Saat Buka Puasa
Ilustrasi/ Sumber: iStockphoto

Kesepian Memberi Arti Baru dalam Hidup Kita

Kadang kita tak pernah bisa menebak kapan kesepian itu melanda kita. Tiba-tiba saja kita merasa begitu sendiri dan kesepian. Di tengah keramaian, kita bisa mendadak terdiam dan merasakan kekosongan yang entah datangnya dari mana. Walaupun begitu, kesepian memberi arti baru dalam hidup kita. Kita kembali memiliki waktu untuk memikirkan hal-hal yang mungkin selama ini selalu luput dari benak kita.

Loneliness adds beauty to life. It puts a special burn on sunsets and makes night air smell better. ― Henry Rollins

Sindrom Baby Blues Dan Depresi Pasca Persalinan, Apa Bedanya? (Luna4/Shutterstock)
Ilustrasi./(Luna4/Shutterstock)

Kita Bisa Berdamai dengan Kesepian

Kita bisa mencoba hal-hal baru untuk berdamai dengan kesepian yang kita rasakan. Berdamai dengan kesepian bisa membuat perasaan kita lebih baik. Tapi jika perasaan kesepian itu diikuti oleh rasa cemas dan khawatir yang berlebihan, ada baiknya kita segera mencari bantuan atau pertolongan. Perlu juga mencari tahu apakah kesepian yang berlarut-larut merupakan tanda stres dan depresi yang butuh penanganan khusus untuk diatasi.

Berdamai dengan kesepian menciptakan hidup yang lebih tenang. Tak segalanya bisa berjalan baik-baik saja. Tapi kita selalu punya pilihan untuk melakukan hal yang terbaik untuk diri kita dan hidup kita.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓