4 Tips Mengusir Rasa Bosan Menghadapi Rutinitas Pekerjaan yang Repetitif

Endah Wijayanti29 Agu 2019, 14:15 WIB
ada harga

ringkasan

  • Selipkan Sesuatu yang Baru dalam Rutinitasmu
  • Cari Pekerjaan Sambilan Baru
  • Maksimalkan Hari Libur dan Waktu Cutimu
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Rutinitas pekerjaan yang repetitif memang bisa membuat kita bosan. Mengerjakan tugas dan hal yang sama berulang kali setiap hari bisa menimbulkan kebosanan. Bila rasa bosan melanda, produktivitas kerja bisa berkurang dan hal ini dapat memengaruhi kinerja kita.

Mungkin pilihan terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah resign. Keluar dari pekerjaan yang membosankan dan mencari pekerjaan baru yang lebih baik bisa menjadi jalan keluar yang paling tepat. Tapi bila resign belum jadi pilihan, harus bagaimana?

1. Selipkan Sesuatu yang Baru dalam Rutinitasmu

Saatnya untuk menciptakan variasi baru dalam keseharianmu. Bila tanggung jawab pekerjaanmu menuntutmu harus mengikuti rutinitas yang tetap setiap waktu, coba beri sentuhan baru dalam keseharianmu. Mungkin dengan datang lebih pagi dari biasanya, menjadwalkan waktu khusus untuk mencoba menu makan siang baru, atau membuat rencana hang out dengan rekan kantor setiap beberpa hari sekali.

2. Cari Pekerjaan Sambilan Baru

Bila sekiranya masih punya waktu dan energi untuk melakukan pekerjaan sampingan, coba saja ambil pekerjaan sambilan yang sesuai dengan minat dan kemampuanmu. Terkadang bisa mengerjakan proyek baru bisa memberi semangat baru. Apalagi bisa sekalian menambah penghasilan, jadinya bisa membuat kita lebih menikmati pekerjaan yang kita lakukan.

 

3. Maksimalkan Hari Libur dan Waktu Cutimu

perempuan liburan
llustrasi./Copyright shutterstock.com

Biar nggak gampang suntuk dan bosan dengan pekerjaan, seimbangkan dengan memaksimalkan waktu liburan dan cutimu. Jadwalkan hari khusus untuk liburan dan melepas stres. Izinkan dirimu menikmati kerja kerasmu. Rutinitas yang repetitif bisa membuat kita stres karena rasa bosan yang melanda. Coba buat jadwal khusus untuk mengambil jeda dari rutinitasmu untuk memulihkan kembali energimu.

4. Mempersiapkan Diri Mencoba Pekerjaan Berbeda

Saat ini mungkin kita belum bisa memutuskan untuk langsung resign karena belum punya rencana yang baru. Tapi kita bisa mempersiapkan diri dari sekarang. Coba persiapkan diri untuk beralih profesi atau berganti pekerjaan dengan memelajari hal baru yang diminati. Asah kemampuan dan kembangkan potensi sampai bisa memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan untuk pekerjaan barumu nanti.

Mungkin ini saatnya untuk membuat sebuah perubahan dalam karier atau pekerjaanmu. Rasa bosan yang melanda perlu diatasi dengan baik supaya tidak membuatmu makin stres.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓