3 Langkah Menyiapkan Talas agar Tidak Gatal saat Diolah

Endah Wijayanti01 Sep 2019, 15:15 WIB
talas

ringkasan

  • Talas dijemur di bawah matahari
  • Cuci di bawah air yang mengalir
  • Rendam dalam air garam
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Talas bisa diolah menjadi berbagai hidangan yang memanjakan lidah. Bisa dibuat jadi gorengan, bahan kue, dan keripik. Hanya saja dalam mengolah talas, kita perlu lebih jeli agar getahnya benar-benar hilang dan tidak gatal saat dikonsumsi.

Pilih jenis talas yang sudah tua. Talas yang sudah tua ditandai dengan teksturnya yang padat dan bintik-bintik pada daging umbinya yang banyak. Agar talas tidak gatal, ada tiga langkah penting yang perlu dilakukan. Selengkapnya, langsung saja simak di sini infonya.

1. Talas Dijemur di Bawah Terik Matahari

Talas bisa dikupas terlebih dahulu. Kemudian, jemur di bawah terik matahari. Bisa dijemur selama sekitar satu jam. Dengan cara ini, senyawa penyebab gatal pada umbi talas bisa menguap. Sehingga getahnya tidak lagi terlalu pekat dan tak gatal.

 

 

2. Cuci Umbi Talas di Bawah Air Mengalir sampai Bersih

talas
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Umbi talas bisa dicuci di bawah air mengalir. Bilas beberapa kali sampai air bekas cuciannya tidak terlalu keruh. Permukaan umbi talas bisa sambil digosok-gosok untuk menghilangkan getah yang masih menempel.

3. Rendam dalam Air Garam

Siapkan baskom yang diisi air dan garam. Rendam umbi talas selama sekitar 30 menit. Air garam bisa membantu mengangkat kalsium oksalat yang menyebabkan gatal pada umbi talas. Hanya saja cara ini akan membuat talas memiliki rasa yang agak gurih. Bila akan membuat keripik talas, cara ini bisa dicoba. Tapi bila hanya ingin membuat talas goreng, talas bisa langsung dicelupkan ke dalam adonan basah lalu digoreng sampai benar-benar matang.

Tidak terlalu susah bukan? Semoga info ini bisa memudahkanmu dalam proses mengolah dan memasak talas di rumah.

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓