3 Tips Mengurangi Jam Kerja tapi Hasilnya Lebih Maksimal

Endah Wijayanti30 Agu 2019, 10:58 WIB
drama dinamika kerja

ringkasan

  • Dahulukan Pekerjaan yang Paling Penting
  • Jauhkan Diri dari Berbagai Macam Gangguan dan Selingan
  • Evaluasi Hasilmu
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Kerja dengan jam yang panjang memang sangat melelahkan. Tak hanya lelah secara fisik tapi juga pikiran. Kita pun jadi rentan stres. Apalagi kalau hasil kerjanya ternyata belum maksimal, rasanya bekerja berjam-jam jadi tak berarti.

Kita bisa menggunakan strategi baru untuk mengurangi jam kerja tapi hasilnya bisa tetap maksimal. Baik kerja sebagai karyawan atau pekerja lepas purna waktu, kita bisa mengadopsi tiga tips yang dilansir dari success.com ini untuk bekerja dengan lebih efisien. Langsung saja simak di sini, yuk.

1. Dahulukan Pekerjaan yang Paling Penting

Cari tahu terlebih dahulu pekerjaan apa saja yang paling penting dan mendesak untuk dilakukan. Lalu, alokasikan waktu khusus untuk setiap pekerjaan tersebut. Satu periode waktu perlu untuk satu tugas atau pekerjaan yang harus diselesaikan saat itu juga. Buat target untuk setiap pekerjaan mengenai kapan harus dikerjakan dan kapan wajib diselesaikan.

 

2. Jauhkan Diri dari Berbagai Macam Gangguan dan Selingan

[Fimela] Women at Work
Ilustrasi.| unsplash.com

Biasanya ini justru hal yang paling sulit untuk dilakukan. Di zaman sekarang ini rasanya kita akan mudah sekali terganggu. Perhatian kita mudah sekali teralihkan. Begitu membuka ponsel dan mengintip media sosial, kadang kita tak sadar telah membuang-buang waktu begitu saja. Untuk hasil kerja yang maksimal dengan jam kerja yang lebih sedikit, kita perlu melindungi diri dari berbagai macam gangguan dan selingan. Kondisikan diri untuk benar-benar fokus pada pekerjan yang harus diselesaikan.

3. Evaluasi Hasilmu

perempuan milenal
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Dengan memeriksa kembali hasil kerja, kita bisa memperbaiki sejumlah kekurangan yang ada. Di sini kita mungkin perlu memiliki jurnal atau catatan khusus untuk mengevaluasi hasil kerja kita. Kita bisa lebih terarah dalam mencapai target dan membuat rencana-rencana baru untuk pekerjaan kita yang berikutnya. Pada intinya, kemampuan kita dalam mengatur prioritas akan sangat memudahkan kita bekerja dengan lebih efisien.

Saatnya untuk mulai bekerja dengan lebih efektif dan efisien. Bisa dimulai dengan mencoba tips-tips di atas. Semoga infonya bermanfaat, ya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓