4 Alasan Melamun Bisa Meningkatkan Kreativitasmu

Endah Wijayanti30 Agu 2019, 11:55 WIB
manfaat melamun

ringkasan

  • Kebebasan Merangsang Inovasi
  • Membuka Imajinasi Tanpa Batas
  • Melamun Membantu Kita Membuat Pilihan Bijak
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Melamun ternyata bisa memberi manfaat positif untuk meningkatkan kreativitas kita. Aktivitas yang tampaknya buang-buang waktu ini rupanya bisa memberi sejumlah hal positif. Apalagi bagi kita yang sehari-hari bekerja di dunia kreatif, meluangkan waktu untuk melamun ternyata juga perlu.

Saat waktu istirahat makan siang atau sedang menunggu jadwal rapat berikutnya, mungkin kita bisa memanfaatkan waktu beberapa menit untuk melamun. Bila dilakukan dengan cukup intensif dan fokus yang baik, bukan hal mustahil hasilnya akan luar biasa.

1. Kebebasan Merangsang Inovasi

Saat pikiran kita berkelana, kita akan merasa terbebas dari tekanan dan batasan. Kita bisa memikirkan banyak hal tanpa terhalangi oleh apa pun. Dilansir dari success.com, melamun bisa menjadi alat yang kuat dan menginspirasi kita mencoba sesuatu yang baru serta mendorong kita mewujudkan berbagai keinginan. Dari kebebasan berpikir yang dihadirkan dalam melamun, kita bisa terdorong untuk menciptakan inovasi dan hal-hal baru.

2. Membuka Imajinasi Tanpa Batas

Kadang kita merasa tak bisa melakukan sesuatu karena terhalangi oleh realita yang ada. Tapi dengan melamun, imajinasi kita bisa terbuka tanpa batas. Ada ruang yang sangat luas dalam benak kita yang bisa kita jelajahi. Dari sini, kita bisa menemukan dan membuka potensi baru yang ada di dalam diri kita.

 

3. Melamun Membantu Kita Membuat Pilihan Bijak

tips perempuan karier
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Tubuh dan pikiran yang rileks akan membuat kita lebih tenang dalam membuat keputusan. Saat kita berada dalam kondisi yang rileks, kita lebih mudah bersikap bijak dalam mengambil suatu keputusan. Bayangkan saja saat pikiran kita terasa sangat penuh dan sesak dengan berbagai hal, lalu kita tiba-tiba diminta untuk membuat sebuah keputusan, maka biasanya yang terjadi adalah kita akan gegabah dalam mengambil keputusan.

4. Merangsang Munculnya Ide-Ide Baru

Melamun bisa bantu memunculkan ide-ide baru. Hal-hal yang tak terpikirkan sebelumnya bisa muncul saat kita sedang membebaskan pikiran untuk melamun. Bahkan hal-hal unik dan menarik bisa muncul begitu saja saat kita sedang membebaskan pikiran untuk melamun.

Sesekali kita perlu mengosongkan pikiran untuk lebih rileks dan meningkatkan daya kreativitas. Agar pikiran tidak gampang stres dan terlalu penuh dengan berbagai hal yang menyesakkan, melamun beberapa menit bisa bantu meringankan pikiranmu.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓