Hasil Studi, Tidur Terpisah dari Pasangan Bisa Meningkatkan Kebahagiaan

Mimi Rohmitriasih01 Sep 2019, 15:45 WIB
Tidur

Fimela.com, Jakarta Pernah tidur terpisah dari pasangan atau suami Sahabat Fimela? Apa yang dirimu rasakan? Kesepian atau justru membuat perasaanmu lebih lega?

Melansir dari laman health.com, tidur terpisah dari pasangan ternyata bisa meningkatkan kebahagiaan. Tidur terpisah yang dimaksud di sini bukan terpisah secara emosional atau hubungan ya. Ini hanya tidur terpisah di mana pasangan tidak tidur di satu ranjang.

Tidur terpisah dalam penelitian ini tidak didasari alasan marahan, adanya masalah atau bahkan perceraian. Tapi murni karena ingin mencoba lebih tenang dan leluasa menikmati waktu tidur tanpa gangguan orang lain termasuk pasangan.

Alasan Tidur Terpisah Membuat Bahagia

Ilustrasi tidur
Ilustrasi tidur. Sumber foto: unsplash.com/Zohre Nemati.

Merujuk studi Paracelsus Medical University di Jerman pada 2016, tidur terpisah dari pasangan bisa membuat suasana tidur lebih tenang dan nyaman. Apalagi jika pasangan memiliki kebiasaan mendengkur, banyak bertingkah saat tidur dan sering mengigau.

Penelitian lain yang dilakukan para ahli di Amerika Serikat menemukan jika ketika pasangan suami istri tidur dalam satu ranjang sementara suami atau istri tidak bisa tidur atau banyak bergerak hingga menggangu pasangannya, ini bisa memicu amarah pasangan. Ketika salah satu dari pasangan memiliki masalah tidur dan mencoba tidur bersama satu ranjang, ini bisa memicu pertengkaran di keduanya.

Mary Jo Rapini seorang psikoterapis dan ahli hubungan dari Houston Amerika Serikat mengatakan, “Tidur seranjang dengan pasangan memang memiliki banyak manfaat. Tapi, jika salah satu pasangan tersebut memiliki masalah tidur, ini bisa menyebabkan permasalahan tersendiri. Ini bisa membuat pasangannya tidak nyaman, ikut tak bisa tidur bahkan stres. Ini tentu berbeda dengan pasangan yang mencoba tidur terpisah untuk sesekali waktu.”

Jennifer Adams, penulis buku berjudul Sleeping Apart Not Falling Apart mengungkapkan, “Tidur seranjang dan itu justru membuat keduanya terganggu, ini akan berdampak secara emosional, fiskk dan mental. Ini tak baik buat kesehatan fisik maupun psikis.”

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓