5 Tips Merawat Teflon Tetap Awet dari Goresan

Febi Anindya Kirana31 Agu 2019, 10:17 WIB
teflon

Fimela.com, Jakarta Memiliki panci atau wajan teflon di rumah pasti sangat memudahkan saat memasak karena teflon memiliki sifat antilengket atau cenderung tidak membuat makanan menempel serta mudah dicuci setelah digunakan.

Namun sayangnya, jika tidak digunakan dan dirawat dengan benar, teflon bisa tergores dan menghilangkan lapisan hitamnya sehingga mengurangi fungsi antilengket yang dimilikinya.

Lalu bagaimana gar tetap bisa menjaga teflon tetap awet meski berkali-kali digunakan?

1. Gunakan spatula kayu

Jangan menggunakan spatula dari logam karena cenderung mudah menggores lapisan hitam pada teflon. Permukaan tumpul spatula lebih aman menjaga permukaan teflon.

Tips Merawat Teflon

wajan teflon
Memanggang kue atau roti pakai wajan teflon./Copyright shutterstock.com

2. Cuci dengan permukaan spon halus

Ketika selesai menggunakan, cuci bersih dengan spon yang permukananya halus. Jika masih ada minyak yang menempl, lakukan lagi dengan cara yang sama, jangan menggunakan spons kasar atau penggosok.

3. Gunakan api sedang ketika memasak

Ketika memasak, pastikan menggunakan api kecil hingga sedang karean sebenarnya teflon tidak cocok digunakan untuk menggoreng atau memasak makanan dengan suhu tinggi atau api besar.

4. Jangan langsung dicuci

Diamkan dulu teflon yang telah dipakai hingga panasnya hilang. Jangan langsung menuang air di teflon panas karena akan membuat lapisan anti lengketnya mudah mengelupas.

5. Simpan dalam keadaan tertelungkup

Setelah dicuci bersih, jangan biarkan teflon mengalami kontak dnegan peralatan makan lainnya. Gantungkan atau simpan dalam keadaan tertelungkup.

Itu dia sekian cara merawat dan menjaga teflon tetap awet.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓