Cara Unik Berbagi untuk Sesama Saat Liburan di Bali

Meita Fajriana02 Sep 2019, 08:00 WIB
Liburan di Bali

Fimela.com, Jakarta Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk berbagi dengan sesama yang membutuhkan. Bahkan hal ini bisa dilakukan saat kamu sedang liburan. Seperti pengalaman unik yang dihadirkan penginapan mewah, Alila Bali. Hotel dan resor ini secara konsisten menghadirkan program yang menjaga alam dengan konsep sustainability. 

Yang terbaru Alila Bali menghadirkan 'Giving Bag' yang merupakan fasilitas hotel yang mengajak tamu untuk berbagi kepada sesama yang membutuhkan saat liburan. Kamu yang bermalam di semua hotel dan resor Alila Bali akan mendapatkan tas yang sudah disediakan di kamar, kemudian menyumbang barang-barang layak pakai dan tidak digunakan lagi sebelum meninggalkan hotel.

Barang-barang ini kemudian dikumpulkan untuk kemudian disumbangkan ke badan amal setiap tahunnya. Sejak Januari 2019, keempat resor Alila di Bali telah mengimplementasikan inisiatif sederhana ini yang dirancang untuk digunakan kembali dan mendaur ulang barang-barang untuk membantu mereka yang membutuhkan.

Tidak hanya itu, semua tas yang digunakan adalah produksi lokal dari Bali Tri Cinta Bumi. Hal ini sejalan dengan komitmen Alila untuk mendukung kesejahteraan pengrajin lokal. Selain menjaga lingkungan dan berbagi untuk yang membutuhkan, program Alila Bali ini mendorong para tamu untuk memainkan peran mereka sembari liburan.

 

Giving Bag di Alila Bali

Liburan di Bali
Liburan di Bali. (Foto: Dok. Alila Bali)

Di Alila Seminyak, Giving Bag tersedia di suite-suite premium resor. Semua barang yang dikumpulkan akan disumbangkan ke SLB-D YPAC, sebuah sekolah pendidikan khusus untuk anak-anak cacat fisik atau intelektual. Di Alila Manggis, Giving Bag dapat ditemukan di semua kamar. Semua barang yang dikumpulkan akan  disumbangkan ke Yayasan Bali Kumara, sebuah yayasan yang berfokus pada pendidikan dan kesehatan anak-anak yang kurang beruntung.

Alila Ubud menyediakan Giving Bag di semua vila dan menyumbangkan semua barang yang dikumpulkan ke Sekolah KIM di Ubud, sebelumnya dikenal sebagai Sekolah Sari Hati. Organisasi non-pemerintah ini khusus untuk anak-anak berkebutuhan khusus seperti autisme dan down sindrom Down dengan tujuan mengajar anak-anak ilmu dasar dan kecakapan hidup sehingga mereka bisa mendapatkan kebebasan.

Giving Bag disediakan di seluruh vila di Alila Villas Uluwatu, yang menyumbangkan barang-barang ke Bali Life Foundation, sebuah yayasan yang menyediakan perumahan, pendidikan, dan perawatan kesehatan untuk anak yatim, ditinggalkan dan ditolak dari usia 5 tahun hingga 15 tahun di Bali.

 

Membantu sesama dengan program Giving Bag dari Alila Bali

Liburan di Bali
Liburan di Bali. (Foto: Dok. Alila Bali)

Solusi sederhana dan sustainable untuk menggunakan kembali dan mendaur ulang barang-barang yang tidak dibutuhkan ternyata sangat berarti bagi orang lain yang membutuhkan. Giving Bag Alila Bali juga memungkinkan para tamu untuk melakukan perjalanan pulang dengan tidak hanya barang yang lebih ringan tetapi hati yang lebih tenang karena bisa mengambil bagian dalam membantu sesama.

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓