Sudah Tahu dengan Efek Afterglow setelah Berhubungan Intim?

Endah Wijayanti31 Agu 2019, 10:36 WIB
afterglow

Fimela.com, Jakarta Keharmonisan pernikahan bisa dipengaruhi juga oleh kehidupan seksual suami istri. Ada kebahagiaan dan kenyamanan tersendiri bila hubungan intim yang dilakukan bisa menciptakan rasa bahagia. Kita pun mungkin pernah merasakannya sendiri. Setelah berhubungan intim dengan suami, ada perasaan bahagia yang membanjiri perasaan.

Rupanya memang ada yang namanya efek afterglow setelah berhubungan intim. Dilansir dari telegraph.co.uk, ada penelitian yang menemukan bahwa berhubungan intim bisa menciptakan efek afterglow yang berlangsung selama 48 jam. Saat berhubungan intim, hormon bahagia 'oksitosin' akan dilepas oleh tubuh dan menciptakan efek nyaman dan bahagia.

Dalam penelitian tersebut, para ilmuwan meminta pasangan untuk membuat buku harian berhubungan intim untuk mencatat banyaknya hubungan intim yang dilakukan dan kepuasan yang didapatkan. Hasil penelitian pun menemukan bahwa perasaan intim dan bahagia dalam hubungan berlangsung selama dua hari setelah berhubungan intim. Lalu, pada hari ketiga mulai menurun.

 

 

Efek Afterglow Mengalirkan Perasaan Nyaman dan Bahagia

waktu orgasme
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Para ilmuwan meyakini bahwa alasan biologis dari perasaan nyaman setelah berhubungan intim berkaitan dengan jumlah sperma pria. Bila seorang pria berhubungan intim secara rutin, jumlah spermanya akan berkurang dan butuh waktu 2-3 hari untuk mengembalikan jumlah sperma ke kapasitas maksimalnya. Para peneliti juga meyakini bahwa efek afterglow tercipta untuk membuat pasangan tetap bersama sampai jumlah sperma pria kembali normal.

Pasangan yang merasakan afterglow yang kuat setiap kali selesai berhubungan intim memiliki hubungan yang lebih bahagia. Dr Andrea Meltzer, ilmuwan psikologi dari Florida State University dan koleganya punya hipotesis bahwa berhubungan intim bisa memberi kepuasan seksual jangka pendek tapi bisa menjaga keterikatan dalam pengalaman seksual sekaligus meningkatkan kepuasan pasangan dalam jangka panjang.

Apakah info ini menjadi jawaban atas perasaan bahagia yang hadir setiap kali selesai berhubungan intim dengan suami? Semoga kebahagiaan yang dirasakan bisa menjaga kelanggengan pernikahanmu dengan suami tercinta, ya.

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓