5 Nutrisi Penting yang Dibutuhkan Perempuan

Endah Wijayanti02 Sep 2019, 07:53 WIB
Tips Diet

ringkasan

  • Vitamin D
  • Kalsium
  • Asam Lemak Omega-3
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Seiring pertambahan usia, risiko perempuan mengalami masalah kesehatan seperti penyakit jantung dan stroke meningkat, khususnya setelah mencapai menopause. Perempuan memiliki estrogen yang makin sedikit saat sudah menopause. Hal ini pun membuat perempuan rentan mengalami gangguan kesehatan.

Ada sejumlah nutrisi penting yang perlu dipenuhi untuk melindungi kita dari penyakit jantung dan gangguan kesehatan kronis lainnya, seperti osteoporosis, diabetes, kanker payudara, dan tekanan darah tinggi. Berikut ini lima nutrisi penting yang dibutuhkan perempuan agar kesehatan senantiasa terjaga seiring bertambahnya usia.

1. Vitamin D

Perempuan yang kekurangan vitamin D berisiko mengalami kerapuhan tulang atau bahkan osteoporosis. Dilansir dari livescience.com, sebuah penelitian yang dipublikasikan di New England Journal of Medicine menemukan bahwa mengonsumsi dosis tinggi vitamin D dapat mengurangi risiko patah tulang panggul pada perempuan dewasa sebanyak 30 persen. Ada tiga cara mendapatkan vitamin D, yaitu dari kulit, makanan, dan suplemen vitamin. Sayangnya saat kulit makin menua, kemampuannya untuk memproduksi vitamin D dari paparan sinar matahari akan berkurang. Tapi konsumsi vitamin D bisa dipenuhi dari meminun susu rendah lemak secara rutin.

2. Kalsium

Kalsium bisa membantu tubuh membuat sel-sel tulang yang baru. Asupan kalsium bisa diperoleh dari suplemen vitamin bisa juga dari bahan makanan seperti tahu, sereal, kedelai, dan sayuran hijau seperti kale dan brokoli. Ikan sarden dan salmon juga bisa jadi sumber kalsium yang baik.

 

 

3. Asam Lemak Omega-3

Ilustrasi makanan sehat
Ilustrasi shutterstock.com

Menurut sebuah penelitian tahun 2002 yang dipublikasikan di American Medical Association, mengonsumsi ikan dan asam lemak omega-3 bisa menurunkan risiko penyakit jantung pada perempuan. Asam lemak omega-3 merupakan lemak takjenuh-jamak yang dapat membantu menghambat penumpukan plak di pembuluh arteri dan bantu menurunkan tekanan darah, menurut American Heart Association (AHA). AHA merekomendasikan untuk mengonsumsi ikan seperti salmon setidaknya dua kali seminggu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ini.

4. Vitamin B12

Perempuan yang kekurangan vitamin B12 bisa mengalami keletihan, menurunnya berat badan, menurunnya daya ingat, demensia, dan depresi. Sumber vitamin B12 bisa didapat dari sejumlah makanan seperti ikan, daging, telur, susu, dan daging unggas.

5. Asam Folat

Asam folat dikenal sebagai nutrisi penting bagi perempuan untuk bisa hamil. Selain itu, asam folat juga penting bagi perempuan dewasa. Asam folat merupakan vitamin B kompleks yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan sel-sel darah merah. Gejala kekurangan asam folat meliputi anemia, menurunnya berat badan, pusing, dan tubuh yang lemah. Menurut sebuah penelitian tahun 2005 yang dipublikasikan di Journal of the American Medical Association, perempuan yang mengonsumsi lebih banyak asam folat berisiko rendah mengalami tekanan darah tinggi. Sumber asam folat bisa diperoleh dari sayuran hijau, minyak zaitun, kacang-kacangan, buah beri, dan buah jeruk.

Saatnya untuk lebih memperhatikan asupan nutrisi yang kita butuhkan. Demi terjaganya kondisi kesehatan tubuh dan agar tidak gampang sakit, penting untuk memenuhi semua kebutuhan nutrisi penting tersebut.

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓