Ini Tindakan Pertama yang Harus Dilakukan Jika Overdosis Kafein

Febi Anindya Kirana02 Sep 2019, 14:20 WIB
kopi

Fimela.com, Jakarta Kadar toleransi tubuh setiap orang terhadap kafein berbeda-beda, ada yang memang bisa menahan kafein dengan sangat baik sehingga tak masalah minum banyak, tapi ada juga yang lemah terhadap kafein. Jika tidak hati-hati bisa mengalami overdosis kafein karena terllau banyak minum kopi atau minuman mengandung kafein.

Efeknya tak baik untuk tubuh, dan gejala overdosisi kafein bisa dirasakan. Secara umum dibutuhkan waktu sembilan jam lebih agar kadar kafein bisa turun setengahnya di dalam tubuh, jadi segala gejala ini kemungkian tak akan segera hilang atau reda dalam waktu agak lama.

Cara Mengatasi Overdosis Kafein

Kopi
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Dikatakan ahli nutrisi Beth Warren, R.D.N. dalam Women's Health, hanya karena terlalu banyak minum kopi dan mengalami gejala tak menyenangkan, bukan berarti tubuh akan jatuh sakit. Tindakan pertama yang bisa dilakukan adalah minum air putih yang banyak.

"Menjaga tubuh tetap terhidrasi akan membantu mengurangi gejala overdosis kefein dan membantu mengeluarkan kadar kafein yang ada di dalam aliran darah." Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan olahraga ringan untuk sehingga tubuh mengalami peningkatkan metabolisme tubuh untuk mengeluarkan kafein.

Jadi, jika merasakan gejala overdosis kafein atau efek kafein yang tak enak di tubuh, segera lakukan dua pertolongan pertama di atas ya Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓