4 Tips Membuat Karamel agar Tidak Gosong

Endah Wijayanti04 Sep 2019, 09:15 WIB
tips membuat karamel

ringkasan

  • Gunakan Gula Pasir yang Tidak Menggumpal
  • Wajan Dipanaskan Lebih Dahulu
  • Jangan Langsung Diaduk
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Karamel merupakan gula yang dilarutkan sampai warnanya agak kecokelatan. Gula yang digunakan bisa gula bubuk, gula palem, atau gula pasir. Gula pasir adalah bahan yang paling umum digunakan untuk membuat karamel. Hanya saja kalau tidak mengertai tips dan trik membuatnya, karamel bisa gosong dan rasanya pahit.

Untuk membuat karamel agar tidak gosong atau pahit, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Kali ini kita akan fokus pada pembuatan karamel dengan gula pasir. Karamel yang legit dan teksturnya cantik akan sangat sempurna untuk dijadikan campuran kue, bolu, keik, atau bahkan untuk hiasan aneka hidangan penutup. Berikut empat tips dasar membuat karamel supaya tidak cepat gosong.

1. Gunakan Gula Pasir yang Tidak Menggumpal

Kualitas gula pasir sangat menentukan hasil karamel yang kita buat. Gunakan gula pasir yang kering dan tidak menggumpal. Bersihkan dari aneka kotoran. Gula pasir yang warnanya bersih nantinya bisa dibuat menjadi karamel dengan gradasi warna yang cantik.

2. Wajan Dipanaskan Lebih Dahulu

Sangat disarankan untuk menggunakan wajan anti lengket. Wajan perlu dipanaskan lebih dahulu dengan api kecil. Memang kita bisa langsung memasukkan gula pada wajan lalu baru dipanaskan. Tapi bila ingin hasil karamelnya bagus, kita perlu memanaskan wajan terlebih dahulu sebelum memasukkan gulanya.

 

3. Jangan Langsung Diaduk

resep
Karamel bisa dipadukan dengan ubi goreng./copyright Shutterstock

Ketika gula baru dimasukkan, sebaiknya tak langsung diaduk. Biarkan meleleh terlebih dahulu sedikit demi sedikit. Saat gula tampak hampir sudah meleleh semua, barulah kita aduk dengan menggunakan sendok kayu. Bagaimana jika ingin menambahkan gula lagi? Gula bisa ditambahkan lagi ketika gula yang sebelumnya sudah dimasukkan sudah melumer dan terlihat bening.

4. Masak Hingga Warnanya Cokelat Muda Terang

Dalam proses mengaduk sebaiknya dilakukan perlahan dengan gerakan konsisten. Perhatikan perubahan warnanya. Bila warnanya sudah cokelat muda terang, segera matikan api. Jangan menunggu sampai warnanya berubah jadi terlalu gelap karena dikhawatirkan rasanya malah akan pahit. Kita bisa menambahkan sedikit air bila ingin karamel dengan tekstur yang lebih encer.

Karamel yang berwarna cokelat terang dan tampak jernih memiliki rasa manis yang legit. Semoga empat tips di atas bisa membantumu dalam pembuatan karamel supaya tidak gampng gosong atau pahit, ya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓