6 Camilan Khas Banyuwangi Cocok Dijadikan Oleh-Oleh

Mimi Rohmitriasih03 Sep 2019, 12:09 WIB
stik bawang

Fimela.com, Jakarta Indonesia merupakan salah satu negara dengan kekayaan kebudayaan dan kuliner yang mengesankan. Hampir di setiap daerah memiliki kebudayaan masing-masing. Hampir di semua daerah juga memiliki kuliner yang enak dan tak bisa dilupakan begitu saja.

Bicara mengenai kuliner daerah, kali ini Fimela punya daftar kuliner yang lebih tepatnya camilan khas Banyuwangi. Ada banyak camilan enak di kota yang terletak di penghujung timur pulau Jawa ini.

Berikut ini adalah beberapa camilan khas Banyuwangi, Jawa Timur yang cocok dijadikan oleh-oleh. Apa saja?

Camilan Khas Banyuwangi

dodol
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Odua Images

Dodol Banyuwangi

Camilan pertama ada dodol banyuwangi. Dodol banyuwangi umumnya terbuat dengan campuran buah salak di dalamnya. Hampir sama dengan dodol di daerah lain, dodol khas Banyuwangi ini juga memiliki cita rasa manis, aroma khas dan tekstur yang lembut.

Bagiak

Camilan selanjutnya adalah bagiak. Ini merupakan camilan paling populer di Banyuwangi. Belum lengkap jika ke Banyuwangi tak membawa bagiak pulang. Bagiak terbuat dari tepung sagu dengan bahan lain hingga mendapatkan cita rasa kue kering yang rasanya manis. Bagiak cocok dijadikan teman ngopi atau minum teh.

Klemben

Camilan ini sejenis kue bolu namun berbentuk unik seperti kura-kura dengan tekstur yang lebih kering. Klemben juga disebut sebagai kue bolu kering dengan cita rasa manis.

Ladrang Sabrang

Ini merupakan makanan yang terbuat dari ubi kuning atau pun ubi ungu. Bentuknya seperti mi tapi lebih pendek dan dimasak dengan cara digoreng. Ladrang sabrang tak hanya enak tetapi juga bernutrisi buat tubuh.

Sale Pisang

Camilan selajutnya ada sale pisang. Camilan terbuat dari buah pisang matang yang disisir tipis kemudian dikeringkan di bawah sinar matahari atau dioven. Sale pisang memiliki cita rasa manis yang khas dan tekstur yang cukup kenyal.

Kerupuk Rumput Laut

Di Banyuwangi ada kerupuk yang enak dan menggugah selera yakni kerupuk rumput laut. Camilan ini cocok dimakan secara langsung atau dibuat lauk.

Itulah beberapa camilan khas Banyuwangi yang cocok dijadikan oleh-oleh. Jika mengunjungi Banyuwangi, jangan lupa untuk berburu camilan ini ya Sahabat Fimela.

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓