Sukses

Lifestyle

Kampanye KeREADta 2019 Rayakan Hari Aksara Sedunia di MRT

ringkasan

  • Kampanye keREADta 2019 kembali digelar untuk ketiga kalinya
  • KeREADta 2019 mengajak 200-an relawan membaca di MRT pada 8 September 2019
  • Momen ini bertepatan dengan perayaan Hari Aksara Sedunia

Fimela.com, Jakarta KeREADta, kampanye menjadikan membaca sebagai gaya hidup yang diinisiasi beberapa komunitas literasi di Jakarta kembali menggelar kegiatan yang bertepatan dengan Hari Aksara Sedunia. Berbeda dari dua tahun sebelumnya, kampanye keREADta akan digelardiikuti oleh 200-an relawan yang akan membaca di MRT.

Acara akan disambung dengan talkshow yang akan diisi oleh para pembicara, di antaranya Chiki Fauzi (Spokeperson Wardah), Muhammad Kamaluddin (Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan PT MRT Jakarta), Stefanni Bella (Penulis "Elegi Renjana"), dan Sophia Mega (Booktuber & Penulis "Loe Ngerti Siapa Gue"). Dengan kehadiran narasumber dari berbagai macam profesi diharapkan dapat memberi inspirasi bagi peserta yang hadir untuk menyebarkan kebiasaan membaca di transportasi umum.

"Apalagi dengan adanya salah satu narasumber yang berprofesi sebagai booktuber. Harapannya dapat memberi wawasan dalam menjajal medium YouTube untuk menjadi sarana menyebarkan kecintaan membaca," ujar Ketua Booktube Indonesia Kanaya Sophia.

Berbapai persiapan untuk kesuksesan keREADta 2019 sudah dilakukan, terakhir briefing relawan pada akhir Agustus. Mulai dari tahap pendaftaran ulang peserta, pemaparan materi keREADta, penjelasan dos and don'ts hingga membuat games bersama yang seru dan penuh tawa.

 

Membaca Bisa Lawan Hoaks

"Sekali lagi, semoga semakin banyak masyarakat yang meningkatkan kualitas literasi lewat membaca. Karena kami percaya membaca juga salah satu senjata utama melawan hoaks," imbuh Founder Indoreadgram Intan Siagian.

Berdasarkan fakta literasi dari Universitas Kingston London, pada tahun 2018 dinyatakan masyarakat Indonesia menghabiskan enam jam waktu membaca dalam satu minggu. Pada riset tersebut, Indonesia berada pada peringkat 16 dari 30 negara yang diteliti dan berada di atas Jerman, Amerika Serikat, dan Jepang.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with FIMELA 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading