Sukses

Lifestyle

7 Cara Efektif Agar Sup Ikan Tidak Bau Amis

Fimela.com, Jakarta Jika tidak diolah dengan benar, seringkali ikan akan bau amis jika dimasak dengan cara dibuat sup. Ingin masak sup ikan tapi tak ingin bau amis, ini dia cara yang bisa dilakukan.

1. Pilih ikan yang tepat

Beberapa ikan memang lebih amis dari lainnya, pilih ikan yang memang tidak terlalu amis secara alami seperti ikan gurame, kakap, kerapu atau ikan dori. Ikan-ikan ini justru sedap ketika dimasak kuah.

2. Ikan segar

Pastikan menggunakan ikan segar, bukan yang sudah disimpan di dalam freezer dalam waktu lama. Faktor ini sangat memengaruhi tingkat keamisan ikan.

3. Bersihkan dengan benar

Cuci bersih, buang perut ikan dan sisiknya. Terkadang bagian kepalanya adalah sumber amis, jadi lebih baik potong kepalanya untuk mengurangi amis.

4. Rendam dengan air jeruk nipis

Bisa menggunakan jeruk nipis atau lemon, bahan dengan aroma segar dan asam akan membantu menghilangkan amis pada tubuh ikan. Bisa juga menggunakan air asam jawa, cuka apel atau cuka makan biasa. Biarkan 10-20 menit.

5. Rempah yang banyak

Sup ikan memang tidak seperti kare atau gule yang membutuhkan banyak rempah namun tak efektif sekali memasukkan daun jeruk, daun salam, serai, lengkuas, dan jahe untuk mengurangi amis pada sup ikan. Tambahan daun bawang dan tomat juga bisa menyegarkan dan menyamarkan aroma amis.

6. Masukkan ikan saat air mendidih dan bumbu matang

Masak bumbu di dalam kuah hingga matang, dan masukkan ikan dalam keadaan mendidih karena bumbu yang tidak matang justru akan menguatkan bau amis ikan, begitu juga memasukkan ke dalam air yang belum mendidih.

7. Goreng dulu

Seringkali menggoreng ikan lebih dulu sebelum dijadikan sup akan menghilangkan bau amisnya. Cukup digoreng setengah matang, setelah itu masak seperti sup biasanya.

Itu dia sekian cara memasak sup ikan agar tidak amis. Siap dicoba di rumah kan?

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading