Tanpa Obat, Ini 4 Minuman dari Bahan Alami yang Redakan Batuk

Karla Farhana04 Sep 2019, 19:30 WIB
[Fimela] Minuman herbal

Fimela.com, Jakarta Batuk mungkin gangguan kesehatan yang paling umum setelah flu dan radang tenggorokan. Namun, bisa jadi gejala ini tak kian reda jika dibiarkan begitu saja. Selain karena sangat mengganggu aktivitas, batuk yang dibiarkan tanpa penanganan bisa menjalar ke gangguan penyakit lain. 

Obat kimiawi mungkin akan meredakannya dalam waktu singkat. Tapi sayang, tulis Women's Health Magazine, obat kimaiwi hanya bisa meredam, bukan menyembuhkan sampai ke akar. Selain itu, obat memiliki efek samping jika dikonsumsi dalam jangka waktu lama. 

Sebagai alternatifnya, Sahabat Fimela bisa membuat minuman herbal sendiri di rumah yang berkhasiat meredakan gejala batuk secara alami. Berikut ini 4 macam minuman herbal pereda batuk yang bisa kamu buat sendiri di rumah. 

1. Jus Jeruk

[Fimela] Jus Jeruk
Jus Jeruk | unsplash.com/@shootdelicious

Kunci meredakan batuk, menurut Spesialis Kedokteran Integratof May Loo, MD, adalah dengan memastikan kamu mengonsumsi banyak cairan. Pasalnya, kata dia kepada Women's Health Magazine, paru-paru butuh terhidrasi dengan baik untuk mengurangi jumlah lendir. 

Salah satu cairan yang dapat meredakan batuk adalah jus jeruk tanpa gula. Bukan jus jeruk kemasan yang bisa kamu peroleh di pasar swalayan, tetapi jus yang kamu buat sendiri di rumah dari buah jeruk asli. Jeruk mengandung vitamin C yang bisa mengurangi gejala berbagai penyakit, salah satunya batuk. 

2. Minuman Jahe

Kamu bisa merebus jahe dan meminum airnya, atau bikin teh jahe. Tak perlu terlalu banyak karena akan terasa sangat pedas. Air jahe dapat membantu paru-paru dan meredakan batuk serta flu. 

3. Susu Almond

[Fimela] Almond
Almond | unsplash.com/@tetiana_bykovets

Ternyata, produk olahan susu dapat memroduksi lebih banyak lendir dalam tubuh hanya mitos. Nyatanya, Women's Health Magazine menulis, susu tetap baik untuk memulihkan kondisi kesehatan yang menurun. 

Jika batukmu kering, kamu bisa mengonsumsi susu. Susu sapi mungkin terlalu thick. Jika menginginkan tekstur yang lebih encer, kamu bisa mencoba susu almond. 

4. Madu

Sesendok madu bukan hanya nikmat, tetapi juga telah lama dikenal sebagai obat batuk yang mujarab. Apa lagi, batuk tersebut disebabkan karena infeksi saluran pernapasan. Kamu bisa mengonsumsi madu sebelum tidur. 

#Growfearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓