Cara Kita Menyambut Seseorang Ternyata Menunjukkan Kepribadian

Febi Anindya Kirana04 Sep 2019, 16:31 WIB
kepribadian

Fimela.com, Jakarta Seringkali hal yang kita lakukan tanpa sengaja atau secara alami dan spontan justru bisa menebak kepribadian diri kita, termasuk ketika kita menyambut teman yang baru datang atau yang lama tidak berjumpa.

Sebuah penelitian tahun 2012 yang diterbitkan dalam jurnal Comprehensive Psychology menemukan bahwa bagaimana kita bereaksi terhadap sentuhan fisik dapat membantu membentuk perilaku kita ketika dewasa.

Ketika bertemu teman, reaksi orang berbeda-beda. Ada yang suka memeluk, mencium pipi, sekedar menjabat tangan atau bahkan melambaikan tangan sekedarnya. Tipe seperti apakah dirimu?

1. Memeluk

pelukan
ilustrasi perempuan berpelukan/copyright Shutterstock

Dia adalah tipe yang menjalani hidup dengan sikap dan pemikiran terbuka, karena seperti itu juga ia menunjukkan pada teman. Kalian mungkin sahabat karena pelukan bukan gestur yang umum dilakukan pada siapa saja. Orang seperti ini menyambut dengan hati dan tangan terbuka. Tipe ekstrovert yang hampir selalu terlihat tersenyum, meski tak ada yang tahu apa yang ia sembunyikan.

2. Menjabat tangan

Ini adalah gestur formal dan seakan seperti rekan bisnis, dan kemungkinan besar ia memang bersifat lebih serius dan agak kaku. Namun orang yang suka menyambut teman dengan cara ini sebenarnya cukup santai. Ia mungkin hanya tak suka gestur yang berlebihan karena membuatnya tak nyaman.

3. Merangkul

Daripada pelukan erat, orang yang suka merangkul dari samping hanya agar tubuhnya saling bersinggungan adalah tipe orang yang ramah pada siapa saja. Ia memiliki sikap sederhana dan kasual. Ini adalah gestur yang paling nyaman dilakukan dan tidak menimbulkan kesan canggung.

4. Menepuk tangan

sahabat
ilustrasi teman/Photo by Sarah Noltner on Unsplash

Seringkali orang hanya akan melakukan high five atau mengajak menepuk tangan di udara. Orang seperti ini biasanya aktif dan energik. Mereka lebih nyaman tidak banyak melakukan kontak fisik namun tetap menunjukkan sikap ramah, mudah didekati dan tidak berlebihan.

5. Melambaikan tangan

Sambutan ini menandakan kalian tidak begitu dekat, bukan teman akrab atau hanya kenal sambil lalu. Bisa jadi karena kalian pernah memiliki masa lalu yang tak menyenangkan sehingga untuk formalitas saja, kalian saling menyadari kehadiran satu sama lain.

6. Mengangguk

Ini adalah cara menyambut seseorang yang baru dikenal, atau bahkan tidak dikenal sama sekali. Ini merupakan gestur canggung namun bisa juga memberi kesan penghormatan. Daripada berinteraksi satu sama lain, kalian lebih nyaman saling mendengarkan.

Wah, kira-kira manakah cara menyambut yang mengungkap kepirbadianmu, Sahabat Fimela?

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓