Banyak Makan Jamur Bisa Membuat Panjang Umur, Menurut Studi

Febi Anindya Kirana04 Sep 2019, 18:34 WIB
jamur

Fimela.com, Jakarta Jika kamu suka makan berbagai macam olahan jamur, mungkin ini merupakan kabar baik yang akan membuatmu bahagia, karena ternyata makan jamur bisa meningkarkan potensi memiliki tubuh sehat dan bahkan membuatmu panjang umur.

Sebuah penelitian yang dilakukan tim peneliti Penn State menemukan bahwa jamur memiliki kandungan antioksidan sangat tinggi berupa ergothioneine dan glutathione, yang mana keduanya merupakan antioksidan yang membantu melawan penuaan dini dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

 

Jamur Memiliki Antioksidan yang Membuat Panjang Umur

Tumis Jamur
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Peneliti menemukan bahwa kadar dua antioksidan ini bervariasi untuk setiap jenis jamur. Namun di antara banyaknya sayur dan buah atau makanan berbasis tumbuhan, hanya jamur yang memiliki kedua komponen ini dalam jumlah paling banyak.

Peneliti, Robert Beelman, menjelaskan bahwa ketika tubuh menggunakan makanan untuk diubah menjadi energi, proses ini juga menimbulkan oksidasi yang menyebabkan munculnya radikal bebas. Dengan adanya antioksidan, proses penuaan karena oksidasi dan radikal bebas ini dapat dikurangi bahkan dicegah.

Wah, jadi jika ingin sehat dan panjang umur, jangan ragu makan lebih banyak jamur karena mengandung antioksidan tinggi yang ternyata tidak bisa didapat dari bahan makanan lain.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓