4 Tips Membuat Tahu Isi yang Lebih Enak dan Renyah

Endah Wijayanti05 Sep 2019, 13:07 WIB
tips tahu isi

ringkasan

  • Gunakan Tahu Pong
  • Gunakan Bahan Isian yang Sudah Matang
  • Tambahkan Sedikit Tepung Beras atau Tapioka pada Adonan Pencelup
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Gorengan memang jadi salah satu camilan favorit kita semua. Ragam jenis gorengan bisa dinikmati di segala suasana, seperti tahu isi. Tahu isi bisa dinikmati dengan cabai rawit, dicocol sambal, dan dijadikan teman minum teh hangat juga cocok.

Sebenarnya tidak sulit untuk membuat tahu isi. Namun, bila ingin tahu isi yang lebih enak dan renyah, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan. Ada empat tips sederhana yang bisa dicoba berikut ini.

1. Gunakan Tahu Pong

Tahu pong bisa digunakan untuk membuat tahu isi yang enak. Tahu gembus atau tahu yang berongga juga cocok. Sebenarnya bisa saja menggunakan tahu basah yang digoreng terlebih dahulu tapi nanti akan membuat kita kesulitan memasukkan isiannya. Lebih disarankan menggunakan tahu pong atau tahu gembus untuk membuat tahu isi.

2. Gunakan Bahan Isian yang Sudah Matang

Bahan isian yang terdiri sayuran seperti wortel dan kol atau bahkan bihun sebaiknya sudah dalam keadaan matang. Sayuran perlu ditumis dengan bumbu hingga matang sebelum dimasukkan ke dalam tahu. Bagi yang ingin menggunakan sayuran tauge sebagai bahan isian, pastikan ketika memasukkannya ke dalam tahu benar-benar masuk semua agar ketika digoreng tidak gampang gosong dan pahit.

 

3. Tambahkan Sedikit Tepung Beras atau Tapioka pada Adonan Pencelup

menyimpan tepung
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/ValeriyHoncharuk

Agar hasilnya tahu isi bisa lebih renyah dan kriuk, tambahkan sedikit tepung beras atau tepung tapioka pada adonan pencelup. Fungsi dari tepung beras atau tepung tapioka ini nantinya bisa memberi tekstur yang lebih krispi pada tahu isi. Saat sudah dingin pun, tahu isi bisa tetap renyah.

4. Goreng dengan Minyak Banyak tapi Jangan Terlalu Lama

Gunakan minyak yang banyak untuk menggoreng tahu isi. Tahu isi perlu dalam keadaan terendam semuanya saat digoreng agar matang merata. Tak perlu terlalu lama menggorengnya agar hasilnya tidak terlalu keras. Setelah warnanya berubah agak kecokelatan, kita bisa langsung mengangkat dan meniriskannya.

Tidak terlalu sulit kan dalam membuat tahu isi yang enak? Semoga tips-tips di atas bermanfaat, ya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓