Cara Mengolah Jantung Pisang agar Tidak Hitam

Endah Wijayanti05 Sep 2019, 14:45 WIB
tips jantung pisang

ringkasan

  • Siapkan Panci dan Rebus Air
  • Belah Jantung Pisang Jadi Empat
  • Panci Tak Perlu Ditutup
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Jantung pisang bisa diolah jadi aneka hidangan dan makanan lezat. Biasanya sebelum dibumbui kita perlu merebusnya terlebih dahulu. Cuma masalahnya terkadang jantung pisang malah berwarna hitam saat direbus.

Agar jantung pisang tidak hitam, proses perebusannya perlu diperhatikan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Tidak rumit, kok. Berikut keterangan lengkapnya.

1. Siapkan Panci dan Rebus Air

Isi panci dengan air yang cukup banyak. Lalu rebus air sampai mendidih. Jantung pisang perlu direbus dengan air yang sudah mendidih supaya warnanya terlihat bagus dan tak berubah warna jadi hitam.

2. Belah Jantung Pisang Jadi Empat

Jantung pisang dikupas sampai lapisan yang berwarna merah sudah tidak ada. Kemudian, segera belah jantung pisang jadi empat bagian. Lakukan dengan cepat, ya. Setelah langsung masukkan ke dalam air mendidih.

 

3. Panci Tak Perlu Ditutup

Ilustrasi Merebus
Ilustrasi merebus (dok. Pixabay.com/Three-shots/Putu Elmira)

Panci tak perlu ditutup dalam proses perebusannya. Karena nanti akan ada bagian getah yang mengapung dan perlu segera dibuang. Begitu kembali mendidih, perhatikan apakah ada getah yang mengapung. Lalu, kita perlu segera membuangnya.

4. Pindahkan Jantung Pisang ke Wadah Berisi Air Baru

Air rebusan perlu segera dibuang. Lalu jantung pisang yang sudah empuk bisa dimasukkan ke dalam wadah yang berisi air. Di sini kita bisa meremas-remas jantung pisang sampai semua getahnya hilang. Bilas beberapa kali hingga bersih.

Jantung pisang yang sudah matang selanjutnya bisa dibumbui dan diolah sesuai selera. Semoga infonya bermanfaat, ya.

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓