4 Bahaya Menggunakan Minyak Goreng Berulang Kali

Mimi Rohmitriasih07 Sep 2019, 16:15 WIB
Minyak Goreng

ringkasan

  • Meningkatkan Risiko Radang Tenggorokan
  • Menyumbat Pembuluh Darah
  • Minyak goreng yang telah berulang kali digunakan bisa sangat mengancam kesehatan
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Minyak goreng menjadi bahan masakan yang tak bisa dilewatkan dari kehidupan sehari-hari. Memang, makanan yang dimasak dengan cara digoreng akan memiliki cita rasa yang super lezat dan menggugah selera. Makanan yang dimasak dengan digoreng atau ditumis juga memiliki cita rasa lebih gurih.

Saat menggunakan minyak goreng, tidak jarang kita akan menggunakan minyak secara berulang kali. Sayang rasanya jika harus membuang minyak sisa yang masih terlihat bening dan bersih. Namun Sahabat Fimela, usahakan agar tidak menggunakan minyak goreng berulang kali lebih dari 3 kali.

Melansir dari laman resepkoki.com, ada beragam bahaya yang mengancam kesehatan kita jika kita nekat menggunakan minyak goreng berulang kali. Berikut bahayanya.

Bahaya Menggunakan Minyak Berulang Kali

Minyak Goreng
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Radikal Bebas

Minyak goreng yang telah digunakan berulang kali bahkan warnanya telah hitam dan keruh rentan mengandung lemak jenuh jahat dan radikal bebas. Minyak goreng yang telah berulang kali digunakan bisa sangat mengancam kesehatan.

Meningkatkan Risiko Radang Tenggorokan

Minyak goreng yang telah berulang kali digunakan akan memicu radang tenggorokan. Minyak ini juga meningkatkan risiko batuk, flu dan masalah kesehatan lain. Minyak yang dipanaskan berulang kali membentuk kandungan akrolein yang memicu gatal di tenggorokan.

Menyumbat Pembuluh Darah

Para ahli mengungkapkan jika minyak sisa yang berulang digunakan untuk menggoreng makanan bisa menyumbat pembuluh darah. Ini juga bisa meningkatkan berbagai penyakit berbahaya seperti jantung, stroke hingga kanker.

Memicu Kolesterol

Minyak yang digunakan berulang kali bisa menghasilkan sisa atau serbuk penggorengan. Inilah yang kemudian memicu kolesterol. Minyak sisa juga mengandung lemak jenuh berlebih yang bisa meningkatkan risiko obesitas.

Itulah beberapa bahaya dari penggunaan minyak goreng berulang kali. Sebaiknya minyak goreng digunakan maksimal hingga 2 sampai 3 kali. Agar sisa minyak tidak terlalu banyak, usahakan agar menggunakan minyak secukupnya setiap kali memasak atau menggoreng makanan.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓