Lakukan 6 Rutinitas Sebelum Jam 10 Pagi untuk Meningkatkan Kesehatan

Annissa Wulan08 Sep 2019, 13:00 WIB
Ilustrasi bangun tidur

Fimela.com, Jakarta Bicara tentang kesehatan, ada banyak faktor yang bisa mempengaruhinya, termasuk rutinitas pagi yang selalu kamu lakukan. Rutinitas pagi yang tepat bisa membuatmu tidak merasa stres, tubuh segar, dan memiliki manajemen waktu yang baik sepanjang hari.

Sebaliknya, rutinitas pagi yang kurang tepat justru bisa merusak keseluruhan harimu. Dilansir dari yourtango.com, Jumat (6/9/2019), berikut ini adalah beberapa hal yang sebaiknya kamu coba lakukan sebelum jam 10 pagi untuk meningkatkan kesehatan, penasaran?

1. Minum segelas air setelah bangun

Minumlah segelas air segera setelah kamu bangun untuk memulai sistem pencernaan sebagai rutinitas pagi. Jika bisa, tambahkan perasan buah lemon segar atau cuka sari apel.

Minum cuka sari apel secara teratur dapat membantu menyeimbangkan kolestrol dan gula darah. Tambahkan satu sendok makan cuka sari apel dalam gelas air dan konsumsi sebelum makan siang atau makan malam, setiap hari.

2. Jangan memeriksa ponsel

Membaca pesan, email, dan memeriksa media sosial dapat menjadi cara yang tepat untuk mengacaukan pikiranmu di pagi hari. Jika kamu benar-benar ingin sehat, tunggulah setidaknya satu jam setelah bangun tidur untuk memeriksa ponsel sebagai rutinitas pagi yang baru.

 

 

3. Bersyukur

Tidur
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/totojang1977

Fokuslah pada rasa terima kasih untuk mengembangkan perasaan positif sepanjang hari. Luangkan waktu setidaknya 10 menit untuk memikirkan semua hal-hal baik yang terjadi dalam hidupmu.

4. Melakukan olahraga

Baik itu gerakan peregangan, menari, atau latihan tubuh adalah kunci untuk memulai hari dengan sehat. Menurut penelitian, melakukan aktivitas fisik secara teratur dapat membantu mengurangi depresi, membantu mempertahankan berat badan yang sehat, dan menurunkan risiko penyakit kronis.

5. Pilih satu hal penting di hari itu untuk diselesaikan

Hindari Begadang, Ini 9 Manfaat Baik Menjaga Kualitas Tidur
Ilustrasi tidur. Sumber foto: unsplash.com/Kinga Cichewicz.

Putuskan satu hal paling penting yang ingin kamu capai di hari tersebut. Ini akan membuatmu fokus untuk mengatasi hal-hal yang penting terlebih dahulu, satu per satu.

6. Mengonsumsi sarapan yang sehat

Sarapan yang sehat akan membantu memulai metabolisme tubuh dan memberi energi yang tepat untuk tubuh menjalani aktivitas sepanjang hari. Bagaimana kamu melakukan rutinitas pagi biasanya?

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓