Sukses

Lifestyle

Bincang Intim Soal Kesehatan Seksual dan Reproduksi Bersama Andalan Feminine Care

Fimela.com, Jakarta Berbicara soal intimasi, tabu bukan satu-satunya isu di kalangan perempuan. Tetapi juga soal kecantikan tubuh (body image), termasuk kecantikan area kewanitaan/intimate beauty. Bagi perempuan, ini merupakan kunci dari kesehatan seksual dan reproduksi yang bisa menjaga keharmonisan hubungan dengan suami. 

Saking pentingnya, menurut Sex in The Nation Survey tahun 2011, 52% perempuan sengaja menghindari hubungan seksual dengan pasangannya, karena merasa tidak siap dengan tubuhnya sendiri. Sementara itu, 13% perempuan mengaku hanya mau berhubungan intim dengan pasangan dalam keadaan gelap. Pasalnya, mereka malu akan bentuk tubuh atau tidak percaya diri. 

Untuk itu, Andalan Feminine Care mengadakan acara "Pillow Talks wih Andalan: the Untold Facts of Intimate Beauty" sebagai ajang curhat bagi para perempuan mengenai berbagai masalah intimasi yang dialami perempuan. Dalam acara yang diadakan pada Rabu (4/9/2019) lalu, Aesthetic Gynaecologist dr. Dinda Derdameisya Sp.OG dan Sexologist, dr. Haekal Anshari, M. Biomed (AAM) berbincang mengenai apa saja yang berkaitan dengan body image dan intimate beauty.  

Menurut Dinda, perempuan harus menjaga intimate beauty agar lebih paham soal kondisi kesehatan pada organ intim. Termasuk membedakan kondisi organ intim yang normal dan yang sedang terinfeksi, baik bakteri, jamur, atau juga parasit. 

“Dengan menjaga intimate beauty, perempuan akan lebih paham tentang kondisi kesehatan pada organ kewanitaannya, serta membantu untuk dapat membedakan kondisi organ kewanitaan yang normal dan yang sedang terinfeksi, sehingga perempuan dapat segera mencari rujukan medis, serta meningkatkan kondisi kebersihan organ intim mereka” ungkap dr. Dinda. 

Pentingnya Menjaga Intimate Beauty

Sementara itu, Brand Manager Andalan Feminine Care, Maharani Anindita, mengungkapkan soal pentingnya menjaga intimate wellness atau kesehatan organ intim dan reproduksi. Seperti kulit wajah yang harus selalu dirawat, organ intim perempuan pun juga membutuhkan 'skincare' demi menjaga kesehatan dan kebersihannya. 

Menurutnya, ketika seorang perempuan dapat menjaga intimate beauty dalam dirinya, ia akan merasa aman dan nyaman terkait dengan kesehatan organ intimnya. Kekurangan pengetahuan akan bagaimana cara merawat dan kondisi area intim yang sehat dan bersih akan membuat perempuan merasa insecure dengan tubuh dan organ intim mereka sendiri. 

Intimate beauty atau yang biasa disebut dengan intimate wellness merupakan suatu kondisi dimana perempuan merasa aman dan nyaman terkait dengan kesehatan organ kewanitaannya. Kurangnya pengetahuan akan pentingnya kesehatan seksual & reproduksi hingga rasa risih dan malu untuk membicarakannya, membuat perempuan sering merasa ‘insecure’ dengan intimate beauty. Akibatnya, banyak perempuan yang menghadapi berbagai permasalahan ranjang tanpa tahu apa yang harus dilakukan, dan pasif untuk mencari solusi," jelasnya.  

Cara Merawat Organ Intim

Selain itu, Haekal menjelaskan, rasa percaya diri perempuan akan meningkat ketika mereka paham betul cara merawat organ intim. Selain bertujuan untuk memelihara kebersihan, perawatan menggunakan sabun khusus area intim juga diperlukan untuk mencegah infeksi bakteri, jamur, dan parasit.

Apa lagi kalau Sahabat Fimela memiliki aktivitas yang begitu padat. Infeksi bukan satu-satunya hal yang harus dicegah, tetapi munculnya bau menyengat yang bisa timbul akibat infeksi tersebut. Menurut Drinda, vagina sehat tidak beraroma atau sedikit asam, namun tidak menyengat. Bau yang menyengat dan mengganggu merupakan indikasi adanya infeksi yang disebabkan jamur, parasit, atau infeksi lainnya. 

Untuk mencegah terjadinya infeksi, Andalan Feminine Care memiliki sabun pembersih khusus untuk area intim yang bisa digunakan setiap hari. Diformulasikan secara khusus untuk meningkatkn kualitas kebersihan area kewanitaan, Andalan Feminine Care memiliki 3 varian; Andalan Fresh Intimate Wash yang melindungi area intim dari bakteri dan jamur dengan kandungan alami dari daun sirih, Andalan Revitalize Intimate Wash untuk mengencangkan dan meremajakan area kewanitaan, serta Andalan Natural White Intimate Wash yang dapat mencerahkan kulit di sekitar area intim. 

Dengan diadakannya bincang-bincang intim bersama perempuan mengenai intimate beauty, Maharani berharap perempuan akan lebih terbuka dengan pasangannya mengenai kendala-kendala dan masalah yang dialami seputar area dan hubungan intim. 

#Growfearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading