Sukses

Lifestyle

Single and Happy, Jangan Tunda untuk Miliki Rumah Pribadi

Fimela.com, Jakarta Berstatus single dan ingin punya rumah sendiri? Nggak ada salahnya apalagi kalau membelinya dengan penghasilan sendiri. Di tengah pandangan masyarakat kalau perempuan akan tergantung pada suami saat berkeluarga, buktikan kemandirianmu dan baiknya perencanaan masa depanmu dengan memiliki hunian pribadi. Jika punya target untuk pnya rumah sebelum menikah, ada beberapa tips untuk mewujudkannya.

Mampu Mengatur Keuangan

Hal pertama yang harus diperhatikan agar bisa memiliki rumah sebelum menikah adalah target keuangan yang jelas sejak awal. Perencanaan keuangan yang sudah matang ini akan memuluskan jalan untuk mendapatkan hunian pribadi. Pahami kondisi finansial agar dapat membeli rumah sesuai dengan kemampuan.

Jika tergiur memiliki rumah yang besar dan mewah, maka ini saatnya bekerja ekstra keras untuk mewujudkannya. Sebaliknya, jika pendapatan pas-pasan sebaiknya jangan memaksakan diri untuk membeli rumah di atas target karena bisa kewalahan di tengah jalan.

Tunai atau Kredit?

Menabung sebagian besar gaji yang diterima sekian tahun membuat tabunganmu cukup untuk membeli sebuah rumah secara tunai. Tidak ada salahnya kok, tapi ada baiknya mempertimbangkan membeli rumah secara kredit atau memanfaatkan KPR (Kredit Pemilikan Rumah). Apalagi buat yang gajinya tak terlalu besar, kamu masih bisa mewujudkan keinginan memiliki hunian dengan rutin mencicil setiap bulan sesuai durasi waktu yang diberikan.

Buka Rekening Tabungan Khusus

Untuk memudahkanmu menabung uang yang disisihkan dari gaji bulanan, ada baiknya membuka rekening tabungan khusus. Ada berbagai produk perbankan yang kini dikhususkan untuk membantu mewujudkan keinginanmu membeli rumah. Bisa juga membuka rekening tabungan yang terpisah dari gaji atau kebutuhan belanja hingga tak mudah diambil sewaktu-waktu.

Pikirkan Soal Investasi

Investasi yang tepat tak pernah salah atau merugikanmu, terutama yang berkaitan dengan properti karena harganya yang terus mengalami kenaikan. Rumah yang nantinya kamu beli, jika tidak digunakan sebagai hunian pribadi bisa juga diinvestasikan dengan menyewakannya.

Walau rumah dibeli dengan KPR, uang hasil sewa dapat digunakan untuk membantu menutup biaya cicilan kredit rumah. Selain memanfaatkan rumah sebagai investasi, bisa juga menempatkan dana yang dimiliki ke produk lainnya seperti emas, reksadana, maupun deposito.

Tekan Kebiasaan Konsumtif

Memiliki rumah sendiri memang butuh pengorbanan yang dimulai sejak mendapatkan gaji. Jangan dipakai untuk berhura-hura seperti selalu mengikuti tren terbaru di bidang gadget atau fashion, tapi sisihkan sepertiga gaji untuk mewujudkan mimpi punya hunian pribadi. Mumpung masih single dan belum punya tanggungan lain, tentunya kebutuhanmu belum sebanyak mereka yang sudah berumah tangga.

Single and happy dengan rumah pribadi bukan hanya sekadar mimpi. Tidak ada ruginya mempersiapkan rumah sedini mungkin untuk masa depan yang lebih baik.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading