5 Tips Menyimpan Uang untuk Membeli Rumah Pertama

Annissa Wulan10 Sep 2019, 12:30 WIB
Ilustrasi uang

Fimela.com, Jakarta Membeli rumah mungkin adalah impian semua orang, apakah kamu salah satunya? Membeli rumah tidak hanya masalah kesiapan emosional, namun juga tentunya finansial.

Untuk mempersiapkan dua hal tersebut, baik emosional, maupun finansial, berikut ini adalah beberapa tips menyimpan uang untuk membeli rumah pertama, seperti dilansir dari purewow.com, Selasa (10/9/2019). Penasaran apa saja?

1. Menetapkan tujuan dan timeline

Mulailah dengan mempertimbangkan uang muka. Biasanya pihak pembeli rumah pertama kali akan meletakkan uang muka sebesar 3 hingga 10% dan para ahli menyarankan untuk mengumpulkan uang muka ini dalam waktu 2 hingga 3 tahun.

2. Memikirkan kembali masalah biaya

Idealnya, sebelum membeli rumah, setidaknya kamu harus bisa menyisihkan 20% dari pendapatan tahunan atau 25% dari gaji bulanan. Bagaimana caranya? Potong pengeluaran ekstra.

3. Menggunakan aplikasi tabungan

Ada banyak cara kreatif untuk menyimpan uang. Beberapa aplikasi tabungan bisa digunakan untuk menghitung setiap pengeluaran dan pemasukan yang kamu lakukan untuk mewujudkan impian membeli rumah pertama.

 

4. Memberi nama pada rekening tabungan

Uang
Ilustrasi uang (iStockphoto)

Bukalah rekening tabungan yang sama sekali baru dan khusus untuk uang muka. Kamu bahkan bisa memberi nama pada akun ini, seperti "Rumah Impian," atau "Jangan Sentuh!"

5. Masukkan semua uang segar ke dalam tabungan

Ini mungkin adalah cara yang paling mudah, yaitu memasukkan segala jenis uang segar ke dalam tabungan, seperti pengembalian pajak, bonus kerja, atau uang hadiah. Segala jenis uang ini harus langsung masuk ke dalam tabungan.

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓