Tips Memilih dan Menyimpan Kayu Manis Agar Aromanya Awet

Febi Anindya Kirana15 Sep 2019, 09:15 WIB
kayu manis

ringkasan

  • Pilih kayu manis yang bentuk batang
  • Simpan di dalam wadah kaca atau plastik tertutup
  • Simpan di lemari yang sejuk, tidak lembap tapi juga tidak terkena sinar matahari langsung
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Kayu manis memiliki aroma sedap dan harum yang berbeda dari kebanyakan rempah yang biasa digunakan untuk bumbu masakan. Namun seringkali jika disimpan terlalu lama atau tidak disimpan dengan tepat, aromanya bisa hilang atau berubah.

Cara terbaik memilih kayu manis yang baik adalah pilih yang bentuk batang. Kayu manis umumnya dijual dalam dua bentuk, yaitu batangan dan bubuk. Namun bentuk yang paling baik untuk dipilih adalah yang batang karena semakin lebar permukaan kayu manis yang terpapar udara, semakin besar kemungkinan aromanya hilang.

Tips Memilih dan Menyimpan Kayu Manis

Kayu Manis
Kayu manis tekenal memiliki efek anti-diabetes (iStockphoto)

Umumnya, jika membeli batang kayu manis yang batangan, cukup disimpan di dalam wadah kaca atau plastik tertutup. Tidak perlu dicuci lebih dulu atau hindari terkena air karena bisa menimbulkan jamur.

Kalaupun ingin membeli kayu manis dalam bentuk bubuk, pastikan membelinya dalam bentuk fresh dan jangan menyimpannya terlalu lama. Cara menyimpannya juga perlu diperhatikan. Simpan di lemari yang sejuk, tidak lembap tapi juga tidak terkena sinar matahari langsung.

Nah, itu dia cara memilih dan menyimpan kayu manis yang baik.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓