Sebenarnya Apa Kegunaan Kencur dalam Masakan?

Endah Wijayanti11 Sep 2019, 07:15 WIB
kegunaan kencur

Fimela.com, Jakarta Masakan Indonesia memiliki cita rasa yang begitu kaya. Salah satu faktor yang memengaruhinya adalah karena rempah-rempah yang digunakan. Seperti kencur yang digunakan sebagai bahan tambahan sejumlah masakan.

Mungkin kita lebih familier menganggap kencur sebagai bahan jamu. Jamu beras kencur misalnya, merupakan salah satu jenis jamu yang paling banyak dan mudah ditemukan. Selain itu, kencur juga bisa digunakan untuk memperkaya rasa sejumlah masakan.

Membuat Tumisan Lebih Sedap

Pernah coba membuat tumis kangkung dengan menambahkan kencur? Bagi yang ingin mendapatkan cita rasa tumisan yang lebih unik dan segar, kita bisa menambahkan satu ruas kencur pada tumisan yang kita buat. Bisa digeprek atau diiris kasar untuk ditambahkan dalam bumbu tumisan.

Meningkatkan Aroma

ilustrasi kencur
ilustrasi kencur (sumber: iStockphoto)

Kencur memiliki aroma yang khas. Menambahkannya pada sejumlah olahan seperti sambal, bumbu pecel, urap sayur, dan seblak akan membuat aromanya makin harum. Terasa lebih segar dan menggugah selera. Aneka sayuran berkuah juga bisa ditambah dengan kencur, seperti pada sayur bening daun katuk.

Pelengkap Lalapan

Kencur yang masih mudah juga bisa dikonsumsi sebagai pelengkap lalapan. Dicocol edngan sambal lalu dinikmati dengan lauk lainnya, kencur bisa memberi pengalaman cita rasa yang berbeda.

Kita bisa menggunakan kencur segar untuk masakan. Bisa juga menggunakan kencur kering atau kencur dalam bentuk bubuk. Dalam sejumlah olahan, kencur tak perlu ditambahkan terlalu banyak. Gunakan seperlunya saja supaya rasa masakan tidak pahit.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓