Tips Menggunakan Kemiri dalam Masakan agar Lebih Sedap

Endah Wijayanti10 Sep 2019, 13:45 WIB
kemiri

Fimela.com, Jakarta Untuk membuat masakan lebih sedap, ada berbagai macam bumbu yang bisa kita gunakan. Salah satunya adalah kemiri. Kemiri bisa digunakan dalam berbagai olahan atau masakan untuk membuatnya lebih sedap.

Umumnya kemiri digunakan untuk makanan yang bersantan. Hal ini karena kemiri bisa bantu menjaga konsistensi santan supaya tidak pecah saat dipanaskan. Untuk membuat masakan yang sedap, ada tips mudah sekaligus penting dalam penggunaan kemiri yang akan kita campurkan dalam masakan yang kita buat.

Kemiri Disangrai, Digoreng, atau Dibakar Lebih Dahulu

Sayur Lodeh
Kemiri bisa ditambahkan pada aneka olahan masakan./copyright shutterstock.com

Kemiri sebaiknya digoreng atau disangrai terlebih dahulu sebelum dicampurkan ke dalam masakan. Saat digoreng atau disangrai, kemiri akan akan mengeluarkan minyak yang punya aroma khas yang sangt sedap. Selain digoreng atau disangrai, kemiri juga bisa dibakar. Kemiri bakar akan memberi aroma yang lebih unik pada masakan yang kita buat.

Usahkan kemiri yang sudah selesai digoreng, disangrai, atau dibakar sudah dalam keadaan mudah pecah. Jika kemiri masih terlalu keras, coba goreng, sangrai, atau bakar kembali. Hindari penggunaan kemiri yang sudah berbau tengik, berubah warna, dan busuk. Simpan kemiri dalam wadah stoples kaca bertutup rapat di rak dapur dengan sirkulasi udara yang baik.

Satu butir kemiri bisa memberi aroma yang lebih kuat pada masakan yang kita buat. Bahkan hidangan yang kita buat akan terasa lebih gurih. Seperti pada olahan nasi goreng. Selain bumbu dasar seperti bawang merah dan bawang putih, coba tambahkan kemiri sangrai pada bahan bumbu yang diulek. Maka, rasanya pun akan lebih sedap.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓