Ekspedisi Segaris, Perjalanan 90 Hari Keliling Indonesia Lewat Serial Web

Vinsensia Dianawanti11 Sep 2019, 08:00 WIB
Ekspedisi Segaris, Ekspresi Kecintaan dan Kebanggaan Ragamnya Indonesia Melalui Serial Web

Fimela.com, Jakarta Keragaman budaya, lanskap, dan kuliner Indonesia patutnya menjadi kebanggaan sendiri sebagai warga negara Indonesia di mata dunia. Namun belakangan, justru banyak terjadi konflik yang didasari oleh perbedaan. Melihat keresahan ini, content creator Kevin Hendrawan merekam perjalanannya ke pelosok negeri dan menceritakan keragaman Indonesia dalam sebuah serial web yang diberi nama Ekspedisi Segaris (Semangat Generasi Milenials).

Ekspedisi Segaris ini mengekspresikan aspirasi generasi milenial untuk merawat kebhinekaan dalam semangat #BedaituIndah dengan mensyukuri indahnya alam dan budaya Indonesia.

"Saya pribadi merasa apa yang sebagai Youtuber bisa lakukan. Saya harus kembali ke konten dan memberikan dampak yang positif. Dari situ muncul, kenapa tidak keliling indonesia untuk bisa menunjukkan bahwa Indonesia memang gudangnya perbedaan. Yang namanya perbedaan di Indonesia itu adalah hal yang biasa, indah," ungkap Kevin Hendrawan.

Selama 90 hari, Kevin Hendrawan merampungkan serial web Ekspedisi Segaris yang merekam lokasi-lokasi cantik dan eksotis di Indonesia. Tujuannya untuk mencegah semakin meruncingnya isu perbedaan tersebut.

 

Menyandingkan dua daerah dalam satu episode

Ekspedisi Segaris, Ekspresi Kecintaan dan Kebanggaan Ragamnya Indonesia Melalui Serial Web
Ekspedisi Segaris menjadi sebuah serial web yang menceritakan keragaman Indonesia dengan cara yang berbeda (Foto: instagram/ykhendrawan)

Dalam Ekspedisi Segaris, Kevin Hendrawan mengunjungi 46 lokasi yang unik di seluruh Indonesia. Semua dirangkum dalam 23 episode, di mana dalam satu episode Kevin memberikan gambaran dua daerah yang kontras dengan satu benang merah yang sama. Misalnya, kehidupan masyarakat suku Mentawai yang disandingkan dengan kehidupan masyarakat lembah baliem di Papua.

"Bagaimana saya bisa memberikan pesan dengan dua lokasi ditempel dalam satu episode jadi bisa melihat perbedaan yang kontras. Sesuatu yang sama bisa memiliki makna dan kegunaan yang berbeda di beberapa daerah," ujar Kevin Hendrawan.

Secara garis besar, konten yang disajikan Kevin Hendrawan merekam Indonesia meliputi budaya, alam, dan kuliner. Semua perjalanan dilakukan dalam satu kali perjalanan selama 90 hari penuh dengan mengambil keterkaitan satu daerah dengan daerah lain. Ia dan tim pun bekerja sama dengan trip planner setempat untuk melancarkan proses perijinan dan komunikasi dengan masyarakat adat setempat.

 

Dapat rekor MURI

Ekspedisi Segaris, Ekspresi Kecintaan dan Kebanggaan Ragamnya Indonesia Melalui Serial Web
Ekspedisi Segaris menjadi sebuah serial web yang menceritakan keragaman Indonesia dengan cara yang berbeda (Foto: instagram/ykhendrawan)

Formal serial web sendiri dipilih karena Kevin melihat bahwa orang Indonesia senang melihat tontonan yang berkelanjutan. Sementara tidak mungkin mendokumentasikan 46 lokasi dalam satu episode. Sehingga dipilih format ini sebagai sarana edukasi dan informasi bagi masyarakat luas khususnya milennial untuk lebih mengenal lebih dalam tentang Indonesia dan keragamannya.

Berkat dokumentasi perjalanan yang Kevin Hendrawan lakukan tanpa henti, membuatnya dianugerahi Rekor MURI. Dalam peluncuran serial web Ekspedisi Segaris, secara resmi MURI memberikan penghargaan untuk kategori Unggahan Web Series Pertama Perjalanan Destinasi Wisata Sabang sampai Merauke Tanpa Henti.

Lanjutkan Membaca ↓