7 Kebiasaan Kecil yang Ternyata Toxic Buat Hubungan Cintamu

Febi Anindya Kirana11 Sep 2019, 15:15 WIB
pasangan

ringkasan

  • Selalu mengkritik diri sendiri
  • Percaya pada pendapatmu sendiri
  • Membandingkan pasangan dengan yang lain
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Ketika menjalani cinta, seringkali orang tak sadar dirinya sedang melakukan banyak kebiasaan buruk yang kemudian menjadi racun bagi hubungan cintanya dengan pasangan. Pada akhirnya, ia hanya akan merasa terjebak dengan cinta yang salah, padahal penyebab utamanya adalah dirinya sendiri.

1. Selalu mengkritik diri sendiri

Suka mengeluh dan mengkritik diri sendiri membuatmu tak cantik. Boleh merasa kurang, tapi siapa yang tahan mendengar keluhanmu setiap hari? Pasangan pasti akan lelah mendengarnya, padahal kemungkinan besar ia tak menyadari kekurangan yang suka kamu keluhkan.

2. Suka mengkritik orang di sekitar

Bukan hanya negatif pada diri sendiri, kamu juga suka menghakimi orang lain, betapa tidak becusnya mereka, berapa bodohnya mereka atau yang lainnya. Daripada merasa sok benar dan sempurna, jadilah orang yang lebih menghargai orang lain.

3. Tidak bisa menentukan prioritas yang tepat

pasangan
ilustrasi pegangan tangan/Photo by Pablo Heimplatz on Unsplash

Apa yang akan kamu pilih lebih dulu, kerja larut malam untuk bisa mendapatkan banyak uang atau rehat sebentar untuk makan bareng pasangan? Sama-sama penting, tapi memastikan punya waktu bersama pasangan meski sebentar, lebih penting daripada melulu memikirkan uang.

4. Percaya pada pendapatmu sendiri

Kamu kurang bisa mendengarkan pendapatnya, karena kamu menganggap pendapatmu sendiri yang paling baik dan benar. Kamu tak menghargai dan memikirkan pendapatnya. Ini yang membuat hubungan cinta tak pernah hangat.

5. Selalu mencari kesalahan

Kalian sama-sama sibuk dan lelah, tapi sikapmu selalu negatif terhadap kesibukannya. Kamu curiga dia keluar dengan perempuan lain, kelelahan membuatmu sensitif, dan itu membuat keadaan semakin parah, pada akhirnya kalian bertengkar.

6. Ingin mengendalikan segalanya

pasangan cinta
ilustrasi pasangan/Photo by Christiana Rivers on Unsplash

Kamu ingin dia seperti ini, seperti itu sesuai keinginanmu. Nyatanya, ia adalah individu yang punya pendapat dan keputusan sendiri dalam hidupnya. Tak perlu terlalu cerewet, ingatkan seperlunya, tanpa menyinggung perasaannya.

7. Membandingkan pasangan dengan yang lain

Rumput tetangga lebih hijau dari rumput sendiri? Berhenti membandingkan di yang jelas tak sama dengan pasangan orang lain. Jika ini yang selalu kamu lakukan, putus saja, jangan menyakitinya terus.

Itu dia sekian kebiasaan buruk yang hanya akan jadi toxic dalam hubungan cintamu.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓